Bawaslu Sumedang Umumkan 78 Anggota Panwascam

Bawaslu Umumkan 78 Anggota Panwascam
Koordiv Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Sumedang Luli Rusly saat memberikan arahan, Rabu (26/10) (ist)
0 Komentar

sumedang, KOTA – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sumedang mengumumkan calon anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) Kabupaten Sumedang.

Setelah serangkaian seleksi mulai dari administrasi, tes tertulis CAT sampai dengan wawancara, sebanyak 78 calon anggota Panwascam terpilih selanjutnya akan dilantik pada tanggal 28 Oktober 2022.

Berdasarkan Undang Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum dan Peraturan Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2017. Lalu, sebagaimana diubah terakhir dengan Peraturan Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2019. Bahwa, setelah Bawaslu Kabupaten Sumedang melakukan rapat pleno penetapan nama-nama Panwaslu Kecamatan terpilih pada tanggal 25 Oktober tahun 2022, maka Pokja Pembentukan Panwaslu Kecamatan Kabupaten Sumedang tanggal 26 Oktober 2022 secara resmi mengumumkan nama-nama Panwaslu Kecamatan terpilih.

Baca Juga:Ujicoba Seksi 2 dan 3 Tol Cisumdawu Diundur, Harus Melalui Uji Laik Fungsi dan OperasiDestinasi Wisata Sumedang Belum Jadi Magnet Pengunjung

Untuk nama-nama yang terpilih Bawaslu Kabupaten Sumedang mengumumkan melalui papan pengumuman dan website https://sumedangkab.bawaslu.go.id/pengumuman-nama-nama-terpilih-calon-anggota-panwaslu-kecamatan-untuk-kabupaten-sumedang/.

“Kami Bawaslu Sumedang telah selesai melaksanakan rangkaian tahapan seleksi Panwascam yang merupakan salah satu langkah awal persiapan kami menghadapi Pemilu 2024,” ujar Koordiv Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Sumedang Luli Rusly, Rabu (26/10).

Dikatakan, sebanyak 78 orang calon Panwascam terpilih yang merupakan putra putri terbaik Kabupaten Sumedang Bawaslu Sumedang nyatakan lulus. “Dapat di cek di website Bawaslu atau papan pengumuman,” kata Luli.

Pendaftar Panwascam sebanyak 572 orang yang lolos seleksi administrasi. Selanjutnya 6 orang lolos tes tertulis CAT, kemudian terpilih 3 orang untuk menjadi calon Panwascam.

“Proses rekrutmen dari 572 peserta pendaftar yang mengikuti tes CAT. Kemudian, menjadi 6 besar dan tadi subuh ditetapkan menjadi komisioner terpilih masing-masing kecamatan 3 orang, tanggal 28 kita lantik sesuai dengan timline, dilanjut dengan bimbingan teknis,” kata Luli.

Ditegaskan, Bawaslu Kabupaten Sumedang berharap Panwascam terpilih dapat bekerja secara profesional dan berintegritas.

“Kami Bawaslu Sumedang berharap Panwascam terpilih siap bertugas melakukan pengawasan tahapan pemilu. Kami juga meminta kepada Panwascam yang ada di Kabupaten Sumedang selalu menjaga integritas, termasuk untuk dapat memahami regulasi-regulasi terkait penyelenggraan pemilu dan pengawasan pemilu,” ungkap Luli.

Baca Juga:Lagi! Mayat Mengambang di Waduk JatigedeRidwan Kamil Ikuti “Historical Walk” Konferensi Internasional MPR

Panwascam terpilih diharapkan dapat bekerjasama dengan steakholder di wilayah pengawasannya, dalam kerja-kerja pengawasan tahapan Pemilu 2024.

0 Komentar