Sumedang, Majalengka, Subang Haruskah Khawatir Ketersediaan Pangan?

Tidak Perlu Khawatir Ketersediaan Pangan
Anggota DPR-RI Fraksi PDI Perjuangan, Dr H Sutrisno SE MSi saat diwawancara awak media, kemarin. (HERI PURNAMA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, SITURAJA – Anggota DPR-RI Fraksi PDI Perjuangan, Dr H Sutrisno SE MSi mengaku tidak khawatir dengan ketahanan pangan di Indonesia. Setelah melakukan kunjungan ke beberapa wilayah di Kabupaten Sumedang, Anggota DPR-RI dapil Sumedang, Majalengka, Subang (SMS) itu mengaku cukup tenang setelah melihat kondisi pertanian yang begitu subur dan kaya akan bahan pangan.

Dikatakan, setelah melakukan kunjungan ke wilayah Kecamatan Cibugel, pihaknya melihat kondisi pertanian yang cukup bagus. Mulai dari tanaman padi sampai beberapa jenis sayuran yang tumbuh dengan subur, membuat dirinya tidak mengkhawatirkan situasi pangan.

“Saya tadi sudah keliling ke beberapa wilayah. Sebelum ke sini (Desa Situraja Utara), saya juga ke Cibugel, saya lihat tanaman pangan disana sangat bagus, bahkan sudah hampir panen,” katanya di sela-sela kegiatannya, Kamis (27/10).

Baca Juga:Tempat Wisata Sumedang Belum MaksimalAntarkan UMKM Naik Kelas, BRI Perkuat Ekosistem Bisnis Berbasis Ekonomi Kerakyatan

Menurutnya, sampai saat ini urusan pertanian sepertinya para petani masih tetap bisa bercocok tanam. Karena, ditunjang juga dengan banyaknya air untuk kebutuhan pengelolaan lahan pertaniannya.

“Saya lihat para petani masih terus produksi, apalagi tahun ini air tetap mengalir dengan normal tanpa harus khawatir kekeringan,” katanya.

Dia berharap, para petani bisa lebih meningkatkan kreasinya dengan mandiri. Jangan sampai terus-terusan mengandalkan bantuan pemerintah, karena hal itu justru akan melemahkan kegigihan petani.

“Untuk saat ini sudah ada program pinjaman yang lunak di perbankan, tinggal bagaimana petani berupaya menambah permodalan dari perbankan dan strategi pengelolaannya harus terukur,”kata dia. (eri)

0 Komentar