Go Vaccine Covid-19, Wujud Kepedulian Dosen UPI Kampus Sumedang Dalam Penanganan Kasus Covid-19

Go Vaccine Covid-19, Wujud Kepedulian Dosen UPI Kampus Sumedang Dalam Penanganan Kasus Covid-19
Para dosen saat mengikuti kegiatan PKM S1 Keperawatan UPI Kampus Sumedang (ACHMAD SOFA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, KOTA – Seiring dengan masih belum tercapainya target 70 persen vaksinasi dosis kedua di Indonesia, sementara kasus baru varian Omicron telah masuk ke Indonesia, sehingga diperlukan program percepatan vaksinasi dosis kedua dan booster (dosis ketiga).

Namun, tidak dipungkiri upaya ini tentu membutuhkan dukungan dari berbagai pihak agar hasil yang dicapai lebih maksimal, khususnya dalam upaya menurunkan angka mortalitas dan morbiditas akibat Covid-19.

Oleh karena itu, dalam rangka mendukung upaya pemerintah untuk mencapai target 70 persen, vaksinasi dosis ke 2 dan ke 3 khususnya di Desa Margamukti, tim pengabdian dosen mengajukan beberapa program untuk edukasi masyarakat dan home visit terkait vaksinasi dosis kedua dan ketiga (booster).

Baca Juga:Drainase Sayang – Cipacing Rusak, Bupati Minta PUTR Lakukan PembenahanDua Rumah Kebakaran, Dibantu Pemdes & Swadaya

Go vaksin covid-19 merupakan wujud kepedulian Dosen Keperawatan UPI Kampus Sumedang dalam upaya membantu program pemerintah mempercepat program vaksinansi covid-19.

Program pengabdian ini dilaksanakan bersama dengan beberapa mahasiswa S1 Keperawatan berkolaborasi dengan Puskesmas Situ dan Pemerintahan Desa Margamukti sampai bulan September 2022.

Kegiatan pengabdian yang dimotori oleh Ns Heri Ridwan SKep MAN (sebagai ketua tim), yang dibantu oleh Iis Aisyah, MKep MM dan Ns. Ayu Prameswari Kusuma Astuti M. Kep yang ke semuanya merupakan dosen S1 Keperawatan UPI Kampus Sumedang, telah mulai dilaksanakan sejak bulan Agustus 2022.

Kegiatan PkM dalam skema berbasis kepakaran bidang ilmu ini, difokuskan pada upaya peningkatan angka capaian sasaran vaksin covid-19 dalam usaha mencegah semakin tingginya prevalensi, menurunkan angka mortalitas dan morbiditas, serta mencegah dan mengantisipasi terjadinya gelombang lanjutan dari pandemic Covid-19.

Secara khusus kegiatan pengabdian ini adalah untuk memberikan promosi kesehatan, mengajak masyarakat setempat untuk divaksin dan ikut terjun langsung dalam kegiatan pemberian vaksin covid-19.

Beberapa pendekatan telah dilakukan dalam upaya promosi dan mengajak masyarakat untuk vaksin covid-19 melalui kegiatan-kegiatan yang sudah diagendakan atau rutin dilaksanakan oleh desa tersebut. Seperti kegiatan senam, pertemuan rutin bulanan dan melalui jadwal vaksin yang telah ditentukan oleh pihak Puskesmas.

Beberapa muatan materi tentang vaksin Covid-19 telah disampaikan diantaranya tentang pengertian vaksin covid-19, pentingnya mendapatkan vaksin covid-19, data statistik capaian vaksin covid-19, siapa yang harus mendapatkan vaksin covid-19, manfaat vaksin covid-19, berapa kali vaksin covid-19, syarat untuk menerima vaksin booster dan beberapa fakta serta mitos terkait covid-19.

0 Komentar