Keren, Supporter Jepang Bersihkan Sampah Oknum Supporter Qatar dan Ekuador pada Laga Perdana Piala Dunia 2022 Qatar

Keren, Supporter Jepang Bersihkan Sampah Oknum Supporter Qatar dan Ekuador pada Laga Perdana Piala Dunia 2022 Qatar
Keren, Supporter Jepang Bersihkan Sampah Oknum Supporter Qatar dan Ekuador pada Laga Perdana Piala Dunia 2022 Qatar (Foto/Tangkapan Layar/TikTok/TSN)
0 Komentar

“Ketika saya bertanya kepada mereka, ‘Mengapa Anda membersihkan sesuatu yang tidak berhubungan dengan Anda?’ Jawabannya adalah, “Orang Jepang tidak pernah meninggalkan sampah di belakang kami. Kami menghormati tempat itu,’” ucap seorang fans Timnas Jepang.

“Ini adalah suatu hal yang sering saya dengar, tetapi saya tidak pernah mengira ini nyata. Wow. Saya sangat hormat!” tuturnya.

Ia benar-benar tak percaya melihat aksi bersih-bersih dilakukan oleh suporter Jepang di tribun stadion.

Baca Juga:Prediksi Denmark Vs Tunisia, Denmark Unggul Skuad. Waspadai Serangan Balik TunisiLink Live Streaming Argentina vs Arab Saudi di Piala Dunia 2022 Qatar

“Seseorang meyakinkan saya bahwa ini normal. Fans Jepang memutuskan membersihkan stadion. Ini bahkan bukan pertandingan mereka!” sambung pria itu.

Jepang memang terkenal sebagai bangsa yang menjunjung tinggi kebersihan. Hal ini, salah satunya, terlihat saat perayaan hanami–tradisi menikmati keindahan bunga Sakura.

Mekarnya bunga Sakura merupakan lambang kebahagian telah tibanya musim semi.

Saat itu ribuan warga Jepang piknik dengan menggelar tikar untuk pesta makan di bawah pohon sakura.

Usai makan, mereka akan menyimpan sisa makanan ke dalam kantung sampah dan membawa kembali ke rumah, tidak ada yang berserakan di tempat itu.

Sebelumnya pada 2018, para fans Jepang juga melakukan aksi yang sama di Piala Dunia di Rusia.

Aksi mereka viral setelah tertangkap kamera sedang membersihkan Rostov Arena meski kala itu Timnas Jepang kalah dramatis di menit-menit akhir dari Belgia di babak 16 besar.

Setahun kemudian, mereka menunjukkan aksi berkelas itu lagi di Roazhon Park dalam gelaran Piala Dunia Wanita 2021.

Baca Juga:Prediksi Argentina Vs Arab Saudi dalam Piala Dunia Qatar 2022, Argentina DiunggulkanMunas HIPMI Ricuh Saling Pukul Hingga Dilarikan ke RS, Ini Penyebabnya

Mereka membersihkan semua sampah yang tersisa hingga stadion itu menjadi kinclong lagi.

Di Piala Dunia 2022, Jepang tergabung di Grup E bersama Spanyol, Jerman dan Kosta Rika.

Timnas Jepang dijadwalkan bersua Jerman di laga pertama Grup E  Piala Dunia 2022 yang berlangsung pada Rabu, 23 November 2022 sekitar pukul 20.00 WIB.*

0 Komentar