Sebelum Menanam Bonsai ketahuilah Hal Ini

Salah Satu Gaya Bonsai Yang Populer di Indonesia
0 Komentar

 

sumedangekspres- Bonsai, Seni tradisonal jepang yang merupakan senimerawat pohon dengan dengan cara mengerdilkan pohon dan membuat pohon tersebut terlihat tua. Bonsai sendir berasal dari 2 suku kata yang berasal dari bahasa jepang.

Sai yang berarti menanam dan Bon yang memiliki arti pot ceper atau dangkal, Seni bonsai sendiri merupakan seni yang membutuhkan proses cukuplama dan memakai tekhnik khusus agar bonsai tetap kerdil dan terlihat tua.

Dalam pemeliharaannya bonsai mencakup banyak tekhnik mulai dari tekhnik pemotongan, pengawatan atau pemasangan kawat pada pohon, serta membuat akar menyebar diatas batu. pembuatan butuh waktu bertahun tahun untuk membuat bonsai yang indah dan cantik, bonsai pun perlu di bentuk agar sesuai dengan kriteria yang diinginkan oleh sang seniman bonsai.

Baca Juga:Unpad, Asah Kreativitas Kewirausahaan Siswa Surian Butuh Sentuhan Pemerintah

Tidak ada bonsai yang bisa di katakan sudah jadi karena bonsai sendiri merupakan mahluk hidup dan akan terus tumbuh.

Di Indonesia sendiri para penghobi bonsai bisa terbilang banyak, mulai dari anak muda hingga orang tua banyak yang menekuni hobi bonsai ini. tak sedikit komunitas yang menaungi seni tradisonal jepang ini.

Tak hanya pohon yang dikerdilkan estetika bonsaipun harus di topang oleh pot yang terbilang cantik dan sesuai tipe bonsai selain itu ada tatakan yang membuat bonsai makin indah saat di pajang.

Penghobi bonsai sendiri terbilang banyak dan tercatat hampir di semua daerah di Indonesia ada peng hobi bonsai. Terlihat dengan banyaknya pameran ataupun kontes bonsai yang sering dilaksanakan.

Tak sedikit juga yang menjadikan bonsai sebagai dekorasi rumah atau pun taman, harga bonsai sendiri berpareatif bulai dari puluhan ribu bahkanhingga mencapai ratusan juta rupiah. (kga)

 

0 Komentar