Eba Ambles, Jalan Lingkar Utara Harus Tembus Kemana?

Eba Ambles, Jalan Lingkar Utara Harus Tembus Kemana?
Eba Ambles, Jalan Lingkar Utara Harus Tembus Kemana? (HERI PURNAMA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, CISITU – Amblesnya jalan Rd Umat Wirahadikusumah di kawasan Eba Desa Cinangsi Kecamatan Cisitu menyebabkan warga meminta jalan Lingkar Utara harus bisa membuang jalur tersebut.

Karena seringnya terjadi ambles di jalur Eba, nampaknya jalan Lingkar Utara harus digeser via jalur Blok Cibe’et (Desa Situmekar) yang tembus ke Desa Karangpakuan (Kecamatan Darmaraja).

Seperti disampaikan seorang warga Desa Karangpakuan Kecamatan Darmaraja Beni kepada Sumeks, baru-baru ini.

Baca Juga:KPU Sumedang Buka Pendaftaran PPKM Iqbal Al Qusyaeri Raih Medali Emas dan Perak Cabor Anggar, Bercita-cita Berprestasi di Sea Games 2023

Menurutnya, merupakan kesempatan bagus dengan adanya jalan Lingkar Utara yang menbentang dari Kecamatan Jatigede sampai Kecamatan Cisitu, tepatnya sampai Desa Situmekar, pemerintah tinggal menembuskan jalan tersebut ke Desa Karangpakuan.

“Dari dulu jalur Eba itu memang sering ambles. Selain itu, tanjakannya cukup curam. Makanya seharusnya pemerintah menembuskan Lingkar Utara ke wilayah Darmaraja. Dengan begitu jalan yang sering ambles itu akan terbuang,” katanya.

Warga lainnya, Andi berharap pemerintah bijak dalam mengambil keputusan. Tembusan jalan lingkar tersebut, diharapkan pemerintah melihat beberapa sudut pandang untuk mengkajinya.

Dengan terbuangnya jalur Eba oleh jalan lingkar tersebut, masyarakat menilai banyak manfaat yang akan dirasakan masyarakat.

“Harusnya pemerintah mengkaji tembusan Lingkar Utara dari beberapa sudut pandang. Jangan hanya karena saat ini sudah ada badan jalan yang tembus ke blok Pasir ingkik (Desa Linggajaya). Kadi jalan lingkar tersebut tembusnya kesana,” kata dia.

Lebih baiknya lagi, jalan Lingkar Utara selain tembus ke daerah Pasir ingkik, bisa juga tembus ke wilayah Desa Karangpakuan via Cibe’et (membuang jalur pasir ingkik-eba). Dengan begitu, akan semakin banyak peluang untuk menumbuhkan perekonomian.

“Lebih bagusnya lagi lingkar utara bisa tembus ke Pasir ingkik dan juga Karangpakuan. Dengan begitu akan banyak terciptanya peluang usaha dan membantu menumbuhkan perekonomian untuk masyarakat sekitar,” tutupnya. (eri)

0 Komentar