Tanaman di Green Belt Harus Berikan Manfaat Besar

Tanaman di Green Belt Harus Berikan Manfaat Besar
Unsur BBWS Cimanuk Cisanggarung melakukan penanaman pohon di wilayah Green Belt Bendungan Jatigede kemarin (HERI PURNAMA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, CISITU – Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk-Cisanggarung bersama dengan Masyarakat Adat Darmaraja (Madara), TNI-Polri dan beberapa unsur Forkopimcam di wilayah penyangga Waduk Jatigede tanami wilayah Green Belt Waduk Jatigede dengan tanaman mangga.

Sebagai bentuk kepedulian Kementrian PUPR kepada kelestarian alam, melalui BBWS pihaknya menanami Green Belt Waduk Jatigede di wilayah Desa Pajagan Kecamatan Cisitu dengan tanaman buah mangga.

“Ini bentuk kepedulian kami kepada alam, kami bekerjasama dengan Masyarakat Adat Darmaraja (Madara), sebagai mitra kami dalam pengelolaan Green belt. Selain itu, kami juga bekerjasama dengan TNI-Polri dan beberapa muspika yang ada di wilayah penyangga waduk,” kata Kepala BBWS, Ismail Widadi.

Baca Juga:Keong Mas, Masalah Bagi PetaniWabup Sumedang Apresiasi ASN dan Korpri Sumedang

Dalam hal ini, pihaknya berharap setiap kegiatan penanaman pohon di areal itu bisa memberikan manfaat untuk banyak orang. Bahkan, tanaman yang ditanam harus benar-benar tanaman yang punya manfaat banyak. Seperi halnya tanaman buah-buahan itu bisa membantu kebutuhan pangan untuk masyarakat sekitar.

“Mudah-mudahan tanaman yang kita tanam ini bisa memberikan manfaat besar bagi kehidupan masyarakat sekitar,” kata dia.

Tokoh masyarakat adat Darmaraja, Hadi Barkah menyebutkan dalam hal ini pihaknya sudah bermitra bersama BBWS dari tahun 2019. Pihaknya berharap dengan adanya kemitraan ini, kedepan wilayah Green Belt bisa memberikan hal yang besar untuk keberlangsungan hidup warga di sekitar wilayah penyangga.

“Tentu saja kemitraan kita dengan BBWS, harus bisa memberdayakan masyarakat disekitar penyangga khususnya berdaya dalam pengelolaan green belt,” katanya. (eri)

0 Komentar