Usaha di Jatigede, Tingkatkan Ekonomi Warga

Usaha di Jatigede, Tingkatkan Ekonomi Warga
Beberapa pengunjung di Bendungan Jatigede saat berada di warung kopi (HERI PURNAMA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, JATIGEDE – Aktivitas usaha di sekitar Waduk Jatigede mampu menekan angka pengangguran dan jadi solusi bagi warga yang kehilangan pekerjaan di kota.

Berbagai kegiatan usaha yang ada di sekitar Waduk Jatigede ternyata mampu merubah taraf hidup masyarakat.

Seorang warga di sekitar Waduk Jatigede Rukmana mengatakan untuk mencari penghasilan, sementara ini para pemuda dan masyarakat tidak harus melakukan urbanisasi dari daerah ke kota. Bahkan, jadi solusi bagi orang yang gagal usaha di kota.

Baca Juga:Polres Sumedang Kirimkan Bantuan Bagi Korban Gempa CianjurSerang Gelar Rembug Stunting

“Asalkan ada kemauan untuk terjun ke dunia usaha di sekitar waduk, warga sudah bisa berpenghasilan,” kata Rukmana, Kamis (1/12).

Kehadiran Waduk Jatigede, kata dia, sudah mulai nampak manfaatnya untuk warga yang menggeluti usaha disekitar waduk. Seperti berjualan kopi, budidaya ikan, menangkap ikan dan yang lainnya.

Dikatakan, untuk menghidupi keluarganya sebagian warga di sekitar waduk saat ini tidak perlu lagi merantau kuli ke kota. Pasalnya, banyaknya aktivitas di waduk menjadi peluang bagi warga sekitar untuk mengais rejeki dengan berbagai macam cara.

“Ada yang buka warung, menyediakan jasa angkut perahu, jasa servis perahu dan yang lainnya,” terangnya.

Namun, yang paling menopang kehidupan warga di sekitar waduk, yaitu aktivitas budidaya ikan menggunakan Keramba Jaring Apung.

Terlepas dari pihak pengusaha luar daerah Sumedang yang ikut numpang usaha KJA di Waduk Jatigede, petani ikan (pembudidaya ikan) lokal atau warga setempat, mampu memberdayakan warga lainnya melalui aktivitas KJA.

“Sayangnya, beberapa aktivitas warga di Waduk masih belum mendapat restu dari pemerintah. Padahal, potensi untuk bisa mendongkrak perekonomian warga di sekitar waduk sangat besar, pada saat ada kebijakan pemerintah untuk mengemas aktivitas di waduk,” pungkasnya. (eri)

0 Komentar