Langkah-langkah yang dilakukan penulis untuk menghadapi tantangan tersebut adalah sebagai berikut:
• Menganalisis akar permasalahan berdasarkan informasi yang diperoleh dari hasil wawancara dengan kepala sekolah dan guru senior, serta kajian literatur yang didapat dari jurnal dan artikel.
• Menyiapkan perangkat pembelajaran yaitu modul ajar, bahan ajar, media ajar, LKPD, dan instrumen penilaian.
• Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan perangkat yang telah dibuat serta melakukan refleksi pembelajaran.
Strategi yang digunakan oleh penulis yaitu dengan menerapkan metode pembelajaran guessing game didalam proses pembelajaran. Penggunaan metode ini supaya dapat menarik minat peserta didik dalam mempelajari materi yang diajarkan sehingga proses belajar mengajar menjadi menyenangkan dan terarah.
Klipple dalam Jubaedah (2009) mengatakan bahwa “the basic rule of guessing game s is eminently simple one person knows something that another one wants to find out.” Artinya aturan dasar guessing game itu sangat sederhana, seseorang tahu tentang kosa kata dan yang lain berusaha untuk menemukannya.
Menurut Marriem Website bahwa Guessing game adalah permainan yang mana seseorang harus bersaing dengan orang lain atau kelompok lain untuk menebak sesuatu yang telah diberi petunjuknya.
Baca Juga:Ganggu Warga, Damkar Evakuasi Sarang TawonTeras Hejo Tingkatkan Ketahanan Pangan
Dapat didefinisikan bahwa guessing game adalah permainan yang mana seseorang atau sebuah kelompok mencoba menjawab sesuai pertanyaan yang telah diberi beberapa kata kunci yang berhubungan dengan kata tersebut.
Ada banyak alasan untuk menggunakan game dalam pembelajaran berbicara. Permainan memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menggunakan bahasa Inggris secara lisan. Ini berarti bahwa peserta didik dapat berlatih dan mengembangkan kemampuan mereka untuk berbicara bahasa Inggris.
Game juga memberikan kesenangan dan kesantaian sambil tetap semangat dalam belajar bahasa. Diharapkan bagi pelajar yang pemalu atau lamban dapat menjadi peserta aktif yang bisa menunjukkan kemampuan dan menemukan kepercayaan diri mereka untuk berkomunikasi dalam bahasa asing.
Di antara banyak teknik permainan dalam pembelajaran berbicara, guessing game bisa diaplikasikan. (Kurniati & Ervina: 2019)
Dalam proses pembelajarannya penulis menciptakan kelas yang kondusif, membagi kelompok peserta didik, membuat peserta didik aktif dalam kerja kelompok, sering berbicara bahasa Inggris ketika proses pembelajaran berlangsung, menciptakan suasana yang menyenangkan dalam proses belajar mengajar, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mempresentasikan hasil karyanya, serta memberikan apresiasi kepada peserta didik yang telah mempresentasikan hasil karyanya.