Ganggu Warga, Damkar Evakuasi Sarang Tawon

Ganggu Warga, Damkar Evakuasi Sarang Tawon
Para petugas Damkar Regu 3 UPT Damkar Wilayah Tanjungsari melakukan evakuasi sarang tawon jenis vespa yang dikhawatirkan mengganggu warga (ist)
0 Komentar

sumedang, TANJUNGSARI – Petugas pemadam kebakaran (Damkar), Minggu (4/12) malam lakukan evakuasi satu sarang tawon vespa di Dusun Cijaringao RT 02 RW 07 Desa Cihanjuang Kecamatan Cimanggung

Tugas tidak biasa ini berdasarkan laporan Satpol PP Kecamatan Cimanggung karena kerap mengganggu warga sekitar.

Tim Pelaksana Evakuasi Regu 3 UPT Damkar Wilayah Tanjungsari Yudha mengatakan evakuasi sengaja dilakukan petugas damkar pada malam hari agar saat mengevakuasi sarang tersebut, menghindari tingginya aktivitas warga di sekitar.

Baca Juga:Teras Hejo Tingkatkan Ketahanan PanganSituraja Bantu Korban Gempa Bumi di Cianjur

“Petugas mengevakuasi sarang tawon menggunkan bensin, pembasmi serangga dan alat seadanya,” kata Yudha kepada Sumeks, Senin (5/12).

Selain itu, kata dia, lampu rumah di sekeliling sarang tawon ini sengaja dipadamkan agar tawon tidak berterbangan di lampu yang menyala.

“Pelaksanaan evakuasi sarang tawon jenis Vespa ada di empat lokasi. Kami terima laporan  Pukul 13.00 dari Satpol PP Kecamatan Cimanggung,” terangnya.

Saat evakuasi, selaku petugas Damkar mengimbau kepada warga apabila melihat sarang tawon Vespa Alfinis jangan diganggu. Karena, dapat menyerang pada manusia dan mengakibatkan kematian apabila terkena sengatan yang berlebihan.

“Memberantas sarang tawon vespa memang perlu penanganan khusus. Pasalnya tawon ini cukup ganas dan berbahaya jika menyengat masyarakat,” terangnya.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat, jika menemukan tawon jenis tersebut dan bersarang di dalam rumah agar melapor ke pihak keamanan setempat untuk dilakukan evakuasi.

“Jangan mengganggu sarang tawon tersebut karena jika diganggu dapat menimbulkan serangan terhadap manusia,” paparnya. (kos)

0 Komentar