SAR Gabungan Lanjutkan Pencarian Korban Gempa Bumi

SAR Gabungan Lanjutkan Pencarian Korban Gempa Bumi
Tim SAR Gabungan akan memulai pencarian dengan tetap membagi menjadi 2 worksite (ENGKOS KOSWARA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, CIMANGGUNG – Operasi SAR bencana gempa bumi Cianjur diperpanjang hingga Selasa (6/12) dikarenakan masih adanya korban dalam pencarian sebanyak 8 orang. Selain itu, masih terdapat tanda tanda penemuan korban dan permintaan dari keluarga korban.

Kepala Kantor SAR Bandung, Jumaril SE MM menyebut Tim SAR Gabungan merubah strategi pencarian walaupun tetap membagi fokus pencarian dalam 2 worksites dengan strateginya adalah khusus di worksite 2 RT3 Desa Cijedil.

Tim SAR Gabungan melakukan pengurangan volume tanah material longsoran dengan dipindahkan ke wilayah Jebrod. Pemilihan lokasi pemindahan tanah material langsoran tersebut sesuai dengan perintah Bupati hasil koordinasi yang dilakukan oleh SMC (SAR Mission Coordinator).

Baca Juga:BPBD Sumedang Desak Satker Sadawarna Selesaikan Jalan LingkarDebit Air Besar, Penggenangan Sadawarna di Luar Dugaan

“Strategi tersebut berhasil  dengan dievakuasinya 2 korban dari worksite 2 Kampung Cijedil RT3/RW1,” terangnya.

Ia menegaskan, Tim SAR Gabungan akan memulai pencarian dengan tetap membagi menjadi 2 worksite yaitu worksite 1 di warung sate shinta dengan 181 personil, 2 search dog dan 4 unit alat berat sedangkan worksite 2 di cijedil Rt 03/01 dengan dibagi menjadi dua bagian worksite 2b dengan 83 personil dan 2 alat berat dan worksite 2c dengan 148 personil.

Status Korban (Data Posko Utama)

luka berat komulatif 593 orang, masih di rawat di RS Cianjur 49, mengungsi 114.683 orang, meninggal dunia : 334 orang dan dalam pencarian 8 orang.

“Adapun unsur SAR yang terlibat antara lain jumlah personil Basarnas 81 orang dengan jumlah potensi SAR terdaftar sebanyak 581 orang,” tuturnya.

Total potensi di lapangan terbagi menjadi, SAR 335 personil, Logistik & Dapur Umum: 13 personil, Medis 9 personil ( 1 Dokter dan 8 Perawat) 3 ekor K-9, Ambulan 49 unit (33 Ambulan medis dan 16 ambulan jenazah)

Alut yang digunakan antara lain 6 Unit Truk Personil, 1 Unit Rescue Truck, 4 Unit Rescue Compartment, 11 Unit Rescue Car Double Cabin, 5 Unit Excavator, 10 Unit Dump Truck,10 Alkon, 4 Unit Motor Trail, 1 Unit Drone, 5 Unit Palsar Ekstrikasi, 4 Set Palsar CSSR, 2 Set Alkom, 3 Set alat Evakuasi, 2 Unit Tenda Posko, 1 Unit Tenda Peralatan, 1 Unit Tenda Medis dan 1 Set Pal Medis. (kos)

0 Komentar