Tingkatkan Kemampuan Hadapi Bencana, BPBD Sumedang Lakukan Simulasi di RSUD

Tingkatkan Kemampuan Hadapi Bencana, BPBD Sumedang Lakukan Simulasi di RSUD
Anggota BPBD Sumedang menyelamatkan pasien RSUD Sumedang dari lantai tujuh melalui tangga darurat (KEGGA KEGGYAN/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, KOTA –  BPBD Kabupaten Sumedang melakukan evakuasi pasien di RSUD Sumedang yang berada di lantai 7 melewati tangga darurat. Hal tersebut dilakukan untuk menyelamatkan pasien.

Evakuasi tersebut hanyalah simulasi yang diberikan BPBD kepada staf RSUD agar mereka menguasai ilmu penanganan saat terjadi gempa.

Kepala Pelaksana BPBD Atang Sutarno menjelaskan dengan dilaksanakannya edukasi, sosialisasi dan simulasi ini bisa membuat masyarakat lebih tanggap dan sadar akan bencana.

Baca Juga:Bhabinkamtibmas Monitoring Penyaluran KIS/BPJSSMKN Sukasari Diberikan Etno-informatika untuk Pelestarian Budaya

“Jika terjadi bencana seluruh karyawan sudah dibekali kemampuan untuk menyelamatkan diri dan pasien,” jelas Atang.

Berbagai simulasi pun dilakukan. Mulai dari proses penyelamatan melalui tangga darurat, hingga keselamatan diri.

“Berbagai simulasi kami lakukan, dengan harapan masyarakat dan pegawai rumah sakit mampu memahami bagaimana menjaga agar mereka dan para pasien agar aman,” tambah Atang.

Wadir Administrasi Umum dan Keuangan RSUD Sumedang Engkur Kuraesih menjelaskan program edukasi ini dilakukan agar kemampuan staf rumah sakit dalam menyadari bahaya bencana meningkat.

“Untuk menjaga keselamatan pada saat bencana bagi seluruh lingkungan Rumah Sakit,” ungkap Engkur.

Tak hanya rumah sakit, BPBD Sumedang akan terus melakukan edukasi kebencanaan ke semua golongan masyarakat, baik intansi pemerintah ataupun swasta. (kga)

0 Komentar