Sejarah Alun – Alun Sumedang Hingga Sekarang

Sekilas Sejarah Alun - Alun Sumedang
Sekilas Sejarah Alun - Alun Sumedang / twitter:@zerofocus_852
0 Komentar

sumedangeskpres –  Sekilas sejarah alun – alun sumedang hingga sekarang.  Alun-Alun Sumedang memiliki wajah baru sejak diresmikan pada bulan Maret tahun 2020 lalu.

Peresmiannya dilakukan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dengan Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir.

Saat ini Alun-Alun Sumedang sudah mulai dibuka kembali, dan dikunjungi oleh warga setiap saatnya dengan beragam kegiatan.

Baca Juga:Informasi Gaji UMR Sumedang 2023Genap 45 Tahun, BPJS Ketenagakerjaan Satukan Semangat Sejahterakan Pekerja

Pemda Kabupaten Sumedang telah menetapkan pariwisata sebagai core business usahanya dalam rangka peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Untuk itu, pada kesempatan yang sama, Pemda Kabupaten Sumedang juga meluncurkan Calender of Events Explore Sumedang 2020, dengan di dalamnya terdapat 32 kegiatan yang akan berlansung sepanjang tahun ini.

“Karena Sumedang sudah memiliki core business-nya, core business kami sebagai kabupaten pariwisata. Kami telah menyatakan sebagai kabupaten pariwisata,” ujarnya.

Di tengah Alun-alun ini terdapat monumen peninggalan jaman Belanda yaitu monumen Lingga yang didirikan pada tahun 1902. Di sekeliling alun-alun diberi pembatas pagar dari besi dan tembok.

Tiap hari Ahad, Alun-alun ini sangat ramai oleh pengunjung, baik yang sekedar numpang lewat atau sengaja berkunjung untuk bermain/rekreasi di sekeliling Alun-alun Sumedang suka dipenuhi dengan pedagang kaki lima.

Sayangnya banyak hal yang seringkali dilanggar oleh masyarakat yang berada di alun-alun seperti larangan untuk menginjak rumput, membuang sampah sembarangan, dan melewati batas untuk melihat monumen Lingga.

Kurangnya papan pemberitahuan dan pengetahuan membuat masyarakat melanggar peraturan tersebut.

Sekilas Sejarah Alun – Alun Sumedang Hingga Sekarang, sudut sebelah selatan ada area playground, Sudut sebelah kiri terdapat permainan tempo dulu,Sebelah utara terdapat pojok baca, kolam mini, amphitheater, dan display dari para Bupati yang pernah memimpin Sumedang.

Baca Juga:Sinopsis Film Guardian Of The Galaxy 3 Akan Segera Rilis 2023Informasi Gempa Bumi Di Sukabumi 8 Desember 2022

Sedangkan di bagian tengah merupakan tempat mengadakan kegiatan formal seperti kegiatan upacara tepat berada di depan Masjid Agung Sumedang.

Di bagian tengah Alun-Alun Sumedang terdapat sebuah tugu peringatan ikonik dan bersejarah yang bernama Lingga.

Yang dibuat oleh Pangeran Siching (Belanda) untuk Pangeran Aria Suria Atmaja pada tahun 1922.

0 Komentar