Puskesmas Sukagalih Gelar Kegiatan Loktri ke IV

Puskesmas Sukagalih Gelar Kegiatan Loktri ke IV
0 Komentar

sumedang, KOTA – Senin (12/12) bertempat di Aula Desa Sukagalih Puskesmas Sukagalih, Pemerintah Kecamatan Sumedang Selatan menggelar kegiatan Lokakarya Tribulanan Lintas Sektor ke IV Tahun 2022.

Kegiatan ini dibuka Kepala Puskesmas Sukagalih Ida Warlinda S Kep Ners dan dihadiri Forkopimcam Sumedang Selatan, Kepala KUA Kecamatan Sumedang Selatan, para Kepala Desa, serta jajaran Staf Puskesmas Sukagalih.

Kepala Puskesmas Sukagalih Ida Warlinda S Kep Ners menyampaikan, rencana tindak lanjut pada kegiatan Loktri sebelumnya yaitu menurunkan angka stunting. Sedangkan, pokok  bahasan Loktri pada hari ini, membahas tentang penanganan beberapa kasus kesehatan di masyarakat.

Baca Juga:Wabup Ajak Kades Fokus Program PrioritasAlih Media Kearsiapan SKPD Harus Siap

“Jadi pembahasan untuk kegiatan Loktri pada hari ini, yaitu pertama  tentang adanya kasus kematian akibat demam berdarah (DBD). Kedua, adanya kasus kematian ibu dan anak. Ketiga, terkait Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK ),” ujar Ida Warlinda kepada Sumeks.

Kemudian, kata dia, keempat masih terkait dengan program penurunan stunting. Karena, akan ada evaluasi di bulan Februari 2023.

“Dan, kita persiapkan untuk data stuntingnya yang dimulai dari sekarang,” tambahnya.

Selanjutnya, kelima adalah adanya pemeriksaan gula darah gratis bagi semua masyarakat. Ini bertujuan untuk mendeteksi secara dini penyakit diabetes melitus, supaya bisa lebih awal pengananya ke masyarakat.

“Tadi sudah dilakukan penandatanganan nota kesepakatan dari hasil dari pembahasan kegiatan Loktri. Kami harapkan kepada para kepala desa dan kelurahan di wilayah Puskesmas Sukagalih bisa mendukung dan tetap berkoordinasi dalam bidang kesehatan dengan Puskesmas Sukagalih. Karena dalam hal ini kami membutuhkan sekali kerja samanya, terutama kalau di musim hujan, terkait dengan penanganan DBD. Dimana, tindakan yang pertama itu adalah Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). Tindakan ini harus dibantu oleh Pemerintah Desa, khususnya dalam sosialisasi karena kita akan sangat kesulitan sekali untuk pendekatan dengan masyarakatnya,” katanya.

Diharapkan, untuk kegiata Loktri yang akan datang di tahun 2023, karena akan dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan minggon kecamatan atau bersama-sama dengan kegiatan di kecamatan, dan tadi sudah disepakati oleh semua. “Kami dari Puskesmas Sukagalih akan siap melayani untuk  menyehatkan masyarakat di wilayah kerja kami. Kami tetap semangat untuk pelaksanaan kegiatan Loktri ini sebagai bahan rencana tindak lanjut dan bahan acuan untuk evaluasi kinerja dari kami,” katanya.

0 Komentar