Pasien Puskesdes Sindulang Keluhkan Scabies

Pasien Puskesdes Sindulang Keluhkan Scabies
Bidan Desa Sindulang di bawah pengawasan UPTD Puskesmas Cimanggung sedang melayani pasien. (ENGKOS KOSWARA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, CIMANGGUNG – Pasien Puskesdes Sindulang datang dengan keluhan sakit ispa, scabies, diare, dan penyakit tidak menular. Namun rata rata yang berkunjung mengeluhkan scabies (penyakit gatal).

Bidan Desa Sindulang di bawah pengawasan UPTD Puskesmas Cimanggung bernama Sri Mulyani S Tr Keb mengatakan scabies merupakan kondisi yang menyebabkan rasa gatal pada kulit akibat terdapatnya tungau yang menggali ke dalam kulit.

Menurutnya, scabies tidak hanya dikeluhkan oleh pasien dewasa, tetapi ada juga pasien usia anak.

Baca Juga:Tanami Lahan Kosong, Perbaiki Suhu UdaraPembenihan Ikan Perlu Peningkatan

Kata dia, keluhan scabies yang datang berobat ke Puskesdes kebanyakan warga yang tinggal di RW 5 Desa Sindulang. Diduga di sekitar kampung tersebut ada ternak yang menyebarkan penyakit gatal.

“Bisa dilihat dari data yang ada yang mengeluhkan scabies adalah pasien yang datang dari perkampungan di wilayah RW 5,” terangnya.

Ia menyarankan, agar warga sekitar lebih menjaga kebersihan. Apalagi di sekitar itu ada ternak yang diduga menjadi biang penyakit scabies.

Dijelaskan, scabies atau kudis adalah kondisi gatal akibat tungau yang menggali ke dalam kulit. Ini penyebab, gejala, dan pengobatan scabies.

“Pihak kesehatan selalu berupaya untuk melakukan pelayanan kepada masyarakat dengan memberikan obat sesuai penyakit yang dikeluhkanya,” tuturnya. (kos)

0 Komentar