Banjir Lumpur Hantam Sawahdadap, Berasal dari Gunung Geulis

Banjir Lumpur Hantam Sawahdadap, Berasal dari Gunung Geulis
Banjir Lumpur Hantam Sawahdadap, Berasal dari Gunung Geulis (istimewa)
0 Komentar

sumedang, CIMANGGUNG – Banjir lumpur tidak hanya menghantam rumah di Dusun Cisurupan Desa Sawahdadap, banjir juga meratakan sebuah lapang voli dan kandang ayam Sabtu (17/12) sore.

Dalam sebuah video yang beredar di grup wa berdurasi 24 detik nampak banjir lumpur meratakan sebuah lapang voli di Desa Sawahdadap. Perekam video pun menjelaskan, sebuah lapang voli rusak dan rata. Tidak hanya itu, kandang ayam pun ikut rusak.

“Lapang voli Cisurupan beak, lapang voli Cisurupan beak rata. Imah beak, kandang hayam beak-beak kabeh,” ujar perekam video.

Baca Juga:Banjir di Cimanggung, Rendam Puluhan RumahDaftar Pemain Kupu Kupu Malam (2022), Film Khusus Orang Dewasa

“Ieu lumpur masih gede, lain cai. Lumpur, lumpur, lumpur, Allahu Akbar, Allahu Akbar,” lanjutnya.

Dalam video lainnya yang berdurasi 21 detik, masih di Cisurupan, nampak air bercampur lumpur mengalir deras. Lumpur mengalir di selokan dan merusak beberapa rumah dan pepohonan yang dilintasi.

Video lainnya yang berdurasi 2 menit 11 detik seorang warga menerangkan bahwa longsor dan banjir lumpur mengalir dari Gunung Geulis melalui selokan. Beberapa kayu yang ikut terbawa lumpur membuat aliran air terganggu dan membendung aliran lumpur.

“Longsor dan air berasal dari Gunung Geulis dan memasuki selokan. Selokan tertanggul kayu-kayu dari atas,” ujar warga tersebut.

Dia menerangkan, peristiwa terjadi di Dusun Cisurupan RW 10 Desa Sawahdadap Kecamatan Cimanggung. “Jadi air selokan tertanggul, hingga lumpur memasuki perumahan. Luar biasa,” jelasnya.

Dikatakan pula, korban materi banyak sekali. Diperkirakan beberapa rumah akan tergerus longsor. “Karena, aliran lumpur sudah memasuki pemukiman,” terangnya. (atp)

0 Komentar