Soal Banjir Cimanggung, Anggota DPRD Sumedang Sebut Pembangunan di Dataran Tinggi Harus Dievaluasi

Soal Banjir Cimanggung, Anggota DPRD Sumedang Sebut Pembangunan di Dataran Tinggi Harus Dievaluasi
Banjir Cimanggung, Pembangunan di Dataran Tinggi Harus Dievaluasi (Foto: Engkos Koswara)
0 Komentar

sumedangekspres – Soal Banjir Cimanggung, Anggota DPRD Sumedang Sebut Pembangunan di Dataran Tinggi Harus Dievaluasi.

Anggota DPRD Kabupaten Sumedang Komisi I Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Dr. H. Dudi Supardi,  angkat bicara soal Banjir Cimanggung yang terjadi di wilayah Kabupaten Sumedang.

Menurutnya, soal Banjir Cimanggung kerap terjadi saat musim hujan. Bahkan bari banyak laporan yang masuk, banjir terjadi di mana-mana, selain peristiwa Banjir Cimanggung.

Baca Juga:Dua Korban Banjir Cimanggung Sumedang yang Hilang Ditemukan Meninggal DuniaDua Korban Banjir Cimanggung Dalam Pencarian Tim Rescue Kantor SAR Bandung

“Bukan hanya lokasi yang sudah sering banjir, malah ada beberapa daerah yg tidak pernah banjir, tapi musim hujan ini dilanda banjir,”kata Dudi kepada Sumeks. Minggu 18 Desember 2022.

Ia mengatakan prediksi BMKG memang bulan Desember-Januari ini akan menjadi puncaknya curah hujan, disamping itu banyak pula daerah dataran tinggi yang melakukan land clearing untuk kegiatan pembangunan, sehingga dampaknya adalah dataran rendah.

Selain itu, kata Dudi banyak sungai yang mengalami pendangkalan karena endapan lumpur yang bercampur dengan sampah plastik.

Menurutnya dalam mengatasi persoalan tersebut ada langkah-langkah untuk jangka panjang diantaranya mengevaluasi kegiatan pembangunan di dataran tinggi, antara yang telah berijin dan belum, kemudian melakukan tindakan yg tegas.

Menanamkan kesadaran kepada masyarakat, untuk dapat mengolah sampah baik itu dibakar atau dibuang ke tempat yg sdh disediakan.

Pihaknya menegaskan bagi pemerintah segera melakukan pengerukan pada aliran-aliran sungai yang sudah mengalami pendangkalan.

Juga mimbauan kepada masyarakat secara keseluruhan “Mari kita bantu saudara-saudara kita yang lagi ditimpa musibah banjir, semoga kesulitan mereka dapat sedikit terselesaikan,”ajaknya.

Baca Juga:Mau Pergi Berlibur? Jangan Lupa Baca Doa Sebelum Naik kendaraanMau Liburan Akhir Tahun ke Sumedang? Simak Dulu Prakiraan Cuaca Minggu 18 Desember 2022

Untuk himbauan secara umum, mari tingkatkan keimanan kepada Alloh SWT, jangan-jangan kejadian selama ini teguran kepada kita karena kita lalai atas perintah dan larangan Alloh SWT.

Semoga Alloh memaafkan kita dan mengganti cobaan ini dengan keberkahan.

Cuplikan Al Qu’an surah Al Araf 96 : Walau anna ahlal-qurā āmanụ wattaqau lafataḥnā ‘alaihim barakātim minas-samā`i wal-arḍi.

Apabila penduduk negri beriman dan bertaqwa, maka akan turun keberkahan dari langit dan bumi.

0 Komentar