Pembukaan Lahan Berdampak Banjir Cimanggung 

Pembukaan Lahan Berdampak Banjir Cimanggung 
Pembukaan Lahan Berdampak Banjir Cimanggung (DOK SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, CIMANGGUNG – Anggota DPRD Kabupaten Sumedang Komisi I Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Dr H Dudi Supardi, ST MM angkat bicara soal banjir yang terjadi di wilayah Kabupaten Sumedang dengan memperhatikan dari laporan-laporan yang masuk, banjir terjadi di mana-mana termasuk di Cimanggung.

“Bukan hanya lokasi yang sudah sering banjir, malah ada beberapa daerah yang tidak pernah banjir, tapi musim hujan ini dilanda banjir,” kata Dudi kepada Sumeks, Minggu (18/12).

Ia mengatakan prediksi BMKG memang bulan Desember-Januari ini akan menjadi puncaknya curah hujan. Disamping itu banyak pula daerah dataran tinggi yang melakukan pembukaan lahan untuk kegiatan pembangunan. Sehingga, dampaknya adalah dataran yang lebih rendah.

Baca Juga:Perbedaan merbah cerukcuk jantan dan betinaJelang Nataru, Harga Sembako Naik

Selain itu, kata Dudi, banyak sungai yang mengalami pendangkalan karena endapan lumpur yang bercampur dengan sampah plastik.

Menurutnya, dalam mengatasi persoalan tersebut ada langkah-langkah untuk jangka panjang. Diantaranya mengevaluasi kegiatan pembangunan di dataran tinggi, antara yang telah berizin dan belum, kemudian melakukan tindakan yang tegas.

Menanamkan kesadaran kepada masyarakat untuk dapat mengolah sampah, baik itu dibakar atau dibuang ke tempat yang sdh disediakan.

Pihaknya menegaskan bagi pemerintah segera melakukan pengerukan pada aliran-aliran sungai yang sudah mengalami pendangkalan.

“Mari kita bantu saudara-saudara kita yang lagi ditimpa musibah banjir, semoga kesulitan mereka dapat sedikit terselesaikan,” ajaknya.

“Untuk himbauan secara umum, mari tingkatkan keimanan kepada Alloh SWT. Jangan-jangan kejadian selama ini teguran kepada kita karena kita lalai atas perintah dan larangan Alloh SWT,” pungkasnya. (kos)

0 Komentar