Resep Nasi Kuning praktis

Resep Nasi Kuning praktis
Resep Nasi Kuning praktis(ist/freepik)
0 Komentar

sumedangekspres– Resep Nasi Kuning praktis, mungkin sudah tidak asing dengan menu makanan yang sering dijumpai ketika perayaan bahkan ketika acara syukuran. Saking banyak penggemarnya, resep nasi kuning yang ada pun biasanya banyak dan beragam. Meskipun resep nasi kuning biasa disajikan sebagai hidangan perayaan. Tidak ada salahnya juga bila Moms hendak menyajikan nasi kuning untuk menu makan keluarga

Berikut ini beberapa rekomendasi resep nasi kuning yang bisa dibuat..

1. Resep Nasi Kuning Sederhana

Bahan-bahan
1 kg beras
5 cm kunyit
2 cm lengkuas
850 ml santan
1 buah kelapa tua
2 lembar daun pandan
2 batang serai
4 lembar daun salam
3 cm jahe
6 buah bawang merah
4 sdt garam
Cara membuat:
Cuci beras hingga bersih, kemudian rendam beras di dalam air bersih.Haluskan kunyit, jahe, lengkuas, bawang merah dan garam.Bumbu yang sudah dihaluskan kemudian masukkan dalam santan dan aduk hingga merata.Masak santan hingga mendidih.Buang air rendaman beras kemudian tuang santan ke beras dengan cara disaring.Masukkan daun salam dan serai.Rebus beras dengan api kecil.Selama direbus aduk terus hingga air menyusut dan beras hampir menjadi nasi.Kira-kira tingkat kematangan sudah tercapai.Ambil daun salam dan serai dari dalam beras yang hampir matang.Siapkan panci untuk mengukus, rebus airnya dulu.Masukkan nasi ke dalam panci pengukus.Tambahkan daun pandan.
2. Resep Nasi Kuning Rice Cooker

Jika kamu tidak memiliki kunyit segar bisa menggunakan kunyit bubuk. Gunakan sekitar 2 sdt kunyit bubuk untuk mendapatkan warna kuning. Santan segar juga bisa diganti dengan santan instan cair atau bubuk. Moms bisa melarutkan santan instan dengan air hingga kekentalannya sedang.

Baca Juga:Nasi Kasreng khas Kuningan, enak banget!5 Makanan khas Kuningan, enak banget!

Bahan-bahan
1 kg beras pulen
4 cm kunyit, parut atau dihaluskan
1 lbr daun pandan
1 batang serai, memarkan
1 sdt garam
600 ml – 750 ml santan segar
Cara membuat:
Cuci beras hingga airnya hampir bening, lalu tiriskan hingga kering.Taruh beras dalam panci rice cooker.Tambahkan kunyit, daun pandan, serai dan garam.Tuang santan hingga tingginya sekitar 2 cm dari permukaan beras.Aduk hingga kunyit tercampur rata dalam beras.Tutup rice cooker dan masak seperti nasi biasa hingga matang.Buka rice cooker, aduk-aduk nasi kuning hingga nasinya terurai.Biarkan dalam kondisi hangat atau warm hingga saat disajikan.

0 Komentar