Tips Memulai Bisnis Kopi, Pengusaha Wajib Membaca ini

Tips Memulai Bisnis Kopi, Pengusaha Wajib Membaca ini
Tips Memulai Bisnis Kopi, Pengusaha Wajib Membaca ini (pixels)
0 Komentar

sumedangekspres – Tips memulai bisnis kopi, pengusaha wajib membaca ini. Bisnis kopi merupakan bisnis yang naik daun dalam tahun tahun belakangan ini. Biasanya bisnis ini dijalankan oleh para kaum muda. Karena kopi saat ini bukan hanya sekedar untuk memenuhi kebutuhan minum namun juga kebutuhan life style.

Tak heran jika dewasa ini banyak sekali tempat minum kopi kekinian atau waralaba kopi (franchise coffee) yang menjamur hampir di setiap sudut kota. Saat ini kita tak akan kekurangan tempat ngopi dimanapun kamu berada.

Tips Memulai Bisnis Kopi

  1. Konsep Bisnis yang Matang

Sebelum kamu memulai bisnis kopi, baiknya kamu menyiapkan konsep awalnya terlebih dulu. Mulai dari tema yang ingin dipakai, pilihan desain, hingga lokasinya. Hal-hal dasar ini merupakan langkah awal yang tidak bisa dianggap sepele untuk memulai bisnis ini.

Baca Juga:Jenis-jenis Bisnis yang Wajib Diketahui oleh Calon Pengusaha Muda5 Rekomendasi Franchise dan Tips Berwirausaha Franchise

Konsep yang kamu pakai harus dilatarbelakangi dengan hasil riset lapangan terhadap target konsumen yang ingin dituju sehingga produk Anda dapat diterima lebih mudah saat Anda mulai menjualnya di pasaran.

  1. Promosi Menggunakan Media Sosial

Gunakan media sosial untuk melakukan branding terhadap bisnis kopi Anda. Buatlah materi yang mewakili persona bisnis dan target audience Anda agar pesan yang dihasilkan pun lebih efektif dalam menarik perhatian para pengikut media sosial. Anda juga bisa menjalin kerjasama dengan para social media influencer untuk membantu meningkatkan awareness maupun penjualan.

  1. Memiliki Supplier dengan Produk Berkualitas

Beragam menu kopi kekinian yang akan dijual tentunya membutuhkan bahan-bahan denga kualitas terbaik. Jenis biji kopi dan supplier menjadi kunci utamanya. Oleh sebab itu, lakukanlah uji coba produk pada beberapa jenis supplier hingga Anda menemukan biji kopi terbaik untuk digunakan pada jenis menu yang akan dijual.

  1. Memilih Barista yang Tepat

Memilih barista yang mampu bekerja sama dengan tim untuk menciptakan kopi kekinian, berkomunikasi dengan pelanggan dan menjaga angka penjualan tidaklah mudah. Sebaiknya pilihlah barista yang sudah memiliki pengalaman atau track record mumpuni di bidang kopi, komunitas ataupun di kalangan barista itu sendiri.

0 Komentar