Pilih Masuk Parpol, Anggota PPK Mundur, Ketua KPU Tekankan Netralitas, Integritas dan Profesionalitas

Ketua KPU Tekankan Netralitas, Integritas dan Profesionalitas
Ketua KPU Tekankan Netralitas, Integritas dan Profesionalitas (Foto: istimewa)
0 Komentar

sumedangekspres – Pilih Masuk Parpol, Anggota PPK Mundur Ketua KPU Tekankan Netralitas, Integritas dan Profesionalitas.

Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parisipasi Masyarakat dan SDM KPU Sumedang, Mamay Siti Maemunah menegaskan, seorang anggota PPK terpilih mundur. Pasalnya, dia memilih masuk anggota partai politik (parpol).

Untuk itu, sebelum pelantikan , dibuatkan berita acara dan SK perubahan tentang ada anggota PPK yang terdaftar di partai politik.

Baca Juga:Gegara Infrastruktur, Warga Surian Sumedang Mengaku Merasa DianaktirikanPresiden Jokowi Undang Bupati Sumedang Secara Khusus, Ada Apakah?

“Berita acara klarifikasi, berita acara penggantian dan membuat SK perubahan, atas dasar surat pengunduran diri dari yang bersangkutan,” lanjut Mamay.

Sementara itu,sebanyak 130 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dari 26 Kecamatan se-Kabupaten Sumedang dilantik, Rabu (4/1). Selanjutnya, mereka mengikuti bimbingan teknis (bimtek) di hotel Puri Khatulistiwa, Jatinangor, Sumedang.

Ketua KPU Sumedang Ogi Ahmad Fauzi mengatakan pelantikan PPK dilakukan serentak secara nasional.

Artinya, tahapan pemilihan umum (pemilu) sudah di depan mata. Sehingga, para penyelenggara Pemilu termasuk panitia ad hoc harus benar-benar siap bekerja.

“Harapan kami nanti kedepan mereka akan menjadi tulang punggung KPU,” ujar Ogi Ahmad Fauzi kepada wartawan.

Ogi berharap, penyelenggaraan pemilu bisa berjalan dengan jujur adil lancar.

Ketua KPU Tekankan Netralitas, Integritas dan Profesionalitas.

Pihaknya menekankan kepada mereka, agar menjaga netralitas, integritas juga profesionalitas. Sehingga kepercayaan dari masyarakat terhadap pelaksanaan pemilu menjadi besar.

“Sukses tidaknya penyelenggaraan pemilu, salah satunya ada di tangan PPK. Begitu juga KPU RI menyampaikan bahwa hari ini pasukan KPU sudah dibentuk dan pasukan KPU siap melaksanakan pemilu tahun 2024,” terangnya lagi.

Baca Juga:Presiden Minta Bupati Dony Ahmad Munir Paparkan Keberhasilan Turunkan Angka Stunting di SumedangSumedang Berhasil Turunkan Stunting melalui SPBE, Kemenkes: Kita Akan Replikasi Secara Nasional

Setelah anggota PPK ini dilantik, mereka akan diberikan bimbingan teknis. Hal yang disampaikan, terkait dengan beberapa hal. Pertama, tata kerja, kode etik, tugas pokok dan fungsinya. Disampaikan kepada mereka, setelah diberikan bimbingan teknis mereka Langsung bertugas di kecamatan masing-masing.

“Saya berharap bagi anggota PPK yang terpilih dan sudah dilantik, agar bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Selain itu menjaga netralitas, menjaga integritas dan yang paling penting juga mereka menunjukkan profesionalitas,” pungkas Ogi. (kga/kos)

0 Komentar