Aliran Sungai Cimanuk Yang Melintas Di Sumedang

Sungai Cimanuk Sumedang
Sungai Cimanuk Sumedang/pinterest.net
0 Komentar

sumedangeskpres – Sungai Cimanuk Sumedang aliran Sungai kita mengingat tentang kehidupan karena aliran sungai di gambarkan urat nadi dunia, hampir semua yang ada di dunia ini tergantung pada air begitupun aliran sungai bisa di manfaatkan jadi aliran listrik.

Begitupun di kabupaten Sumedang ada beberapa sungai yg mengalir menghidupi flora dan fauna di sumedang dan ada juga yang menjadikan mata pencarian untuk masyarakat sumedang.

Sungai yang mencolok di Sumedang yaitu sungai Cimanuk berhulu di Pegunungan Mandalagiri di Kabupaten Garut pada ketinggian sekitar 1700 meter di atas permukaan laut (mdpl), lalu mengalir ke arah timur laut sepanjang 180 kilometer, dan bermuara di Laut Jawa di Kabupaten Indramayu.

Baca Juga:Kesenian Khas Sumedang Songah CitengahKesenian Tradisional Kuda Renggong Asli Khas Sumedang

Ci Manuk pada bagian hilir cukup lebar sehingga dapat dilayari oleh kapal yang berukuran relatif besar.

Pada abad ke-16, muara Ci Manuk adalah pelabuhan yang ramai dan menjadi salah satu pelabuhan milik Kerajaan Sunda, sebagaimana dilaporkan oleh Tome Pires sebagai “Chemano”. Di Kecamatan Jatigede, Kabupaten Sumedang, aliran Ci Manuk dibendung untuk pembangunan Waduk Jatigede.

Ci Manuk memiliki dua muara, yakni Cimanuk Lawas (“Cimanuk Lama”; 6.24473°S 108.34502°EKoordinat: 6.24473°S 108.34502°E) dan Cimanuk Anyar (“Cimanuk Baru”; 6.228611°S 108.175°E).

Pada tanggal 21 September 2016, terjadi banjir bandang akibat luapan Ci Manuk di Kabupaten Garut, sehingga menyebabkan banyak rumah rusak maupun korban jiwa di sedikitnya 7 kecamatan.

Daerah aliran sungai ini dikelola oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk Cisanggarung (BBWS Cimancis).

Daerah aliran sungai ini meliputi Kabupaten Garut, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Indramayu dan Kabupaten Cirebon.

Sungai ini juga membelah sejumlah daerah, antara lain Kota Garut, Jatibarang dan Indramayu. Luas daerah aliran sungai ini mencapai 3.584 km2 dengan panjang total sungai utama mencapai 180 km.

Baca Juga:Kisah Kecamatan Ujung Jaya SumedangAlat Musik Tradisional Karinding Jawa Barat

Hulu sungai ini berada di Pegunungan Mandalagiri-Puncakgede di Desa Simpang, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut.

Penduduk di sepanjang aliran Ci Manuk memanfaatkan sungai ini untuk pertanian dan perikanan, baik secara tradisional dengan cara memancing, atau menjala.

0 Komentar