Panik Akhir Bulan Tenang, Ini Dia Tips Hemat Anak Kost

Tips Hemat Anak Kost
Tips Hemat Anak Kost/(Istimewa/Pinterest)/
0 Komentar

SumedangekspresĀ – Akhir Bulan selalu menjadi moment yang membuat was-was bagi anak kost yang budget keuangannya pas-pasan dan kurang bisa mengatur keuangan.

Oleh karena itu cara hemat uang bulanan penting untuk diketahui anak kos yang tinggal jauh dari keluarga. Hal ini diperlukan agar anak kos bisa bertahan hidup di tanah rantau dengan uang saku yang dimiliki.

Bagi mahasiswa yang merantau jauh dari keluarga, mengatur uang saku bulanan menjadi hal yang biasa.

Baca Juga:Putus Cinta? Ini Tips Tingkatan Value Diri Agar Mantan MenyesalPT KCIC Masih Menunggu Keputusan Terkait PMN dan Cost Overrun

Beragam cara hemat pun dilakukan demi bisa bertahan hidup di tanah rantau.

Tips Hemat Uang Bulanan untuk Anak Kos

Akan tetapi sayangnya, kebutuhan dari anak kos sangat beragam mulai dari biaya makan, tempat tingkat, paket internet, hingga biaya fotocopy dan print tugas. Lantas, bagaimana cara menghemat uang bulanan ala anak kos? Simak tipsĀ  berikut ini.

1. Membuat Alokasi Pengeluaran

Tips pertama yang harus dilakukan agar bisa menghemat uang bulanan yaitu mencatat alokasi pengeluaran. Anda sebaiknya mencatat seluruh kebutuhan yang diperlukan setiap bulan serta pengeuarannya juga.

2. Masak Nasi Sendiri dan Beli Makanan yang Terjangkau

Salah satu cara hemat uang bulanan yang bisa dilakukan anak kos yaitu dengan memasak nasi sendiri dari beras yang di bawa dari rumah karena ini sangat menghemat, selanjutnya membeli makanan yang harganya terjangkau. Anda bisa membeli di warung makan yang terkenal murah atau memasaknya sendiri. Dengan menghemat biaya makan, maka Anda bisa menggunakan sisa uang untuk keperluan lain.

4. Tinggal di Kos yang Sudah Ada Fasilitas WiFi Gratis

Salah satu kebutuhan anak kos yaitu kuota internet. Hal tersebut dikarenakan segala aktivitas perkuliahan memerlukan akses internet. Maka dari itu, cara hemat yang bisa dilakukan yaitu dengan menempati kos yang sudah ada fasilitas WiFi gratis.

5.Hindari Nongkrong

Salah satu penyebab keuangan menjadi boros adalah terlalu sering jajan atau nongkrong dengan dalih “sambil nugas” sebenarnya tidak masalah akan tetapi saran ketika pergi nongkrong ke cofe shop jangan pesan makanan, pesanlah minuman saja, beli makannya diluar atau di kosan makan terlebih dahulu. Ataupun jika ingin, pilih menu yang sesuai budget dan jangan terlalu sering.

0 Komentar