Perilaku Toxic Ke Diri Sendiri yang Sering Dianggap Normal, Kamu Harus Tahu!

self love
(Istimewa/Pinterest/Ilustrasiselflove/
0 Komentar

Sumedangekspres – Ternyata beberapa perilaku ini termasuk perilaku toxic ke diri sendiri yang sering dianggap normal, dan kita lakukan secara tidak sadar lho.

Tidak hanya kepada orang lain, ternyata bersikap toxic ke diri sendiri adalah sebuah hal yang pantang dilakukan. Hal tersebut tentunya akan membuat dirimu kurang menikmati hidup sehingga mudah stres dan berada pada tekanan.

Sikap toxic kepada diri sendiri itu biasanya muncul ketika seseorang mulai tidak melakukan self-love.

Baca Juga:SME’s Lifetime Achievement Award, BRI Apresiasi Loyalitas Nasabah dengan Berikan Saham BBRIPanik Akhir Bulan Tenang, Ini Dia Tips Hemat Anak Kost

Rasa tidak “secure” atau tidak aman atau istilah familiar zaman sekarangnya “insecure” yaitu rasa kurangg percaya atau kurang merasa cukup atas apa yang adas pada dirinya.

Perilaku negatif atau yang akhir-akhir ini lebih sering disebut perilaku toxic sering kita temukan di kehidupan sehari-hari.

Perilaku toxic terhadap diri sendiri juga memiliki banyak dampak buruk.

Perilaku Toxic ke Diri Sendiri yang Sering Dianggap Normal

Dilansir dari akun instagram resmi Riliv.com bahwasanya ada 5 perilaku toxic pada diri sendiri yang wajib kamu hindari untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

1.Selalu Menjadi People Pleaser

“people pleaser” mengacu pada seseorang yang memiliki dorongan kuat untuk menyenangkan orang lain, bahkan jika dengan mengorbankan diri sendiri. Mereka mungkin merasa bahwa keinginan dan kebutuhan mereka sendiri tidak penting, atau mengubah kepribadian mereka di sekitar orang lain

2. Sering Berpikir, Berprasangka, dan Berbicara Negatif

Perilaku toxic terhadap diri sendiri adalah adalah negatif self talk atau kritik diri secara berlebihan. Kamu boleh mengkritik dirimu sendiri dengan syarat supaya menjadi penyemangat atau penggerak untukmu menjadi maju. Tapi jangan sampai kritik itu dilakukan secara berlebihan karena justru akan menimbulkan dampak buruk untukmu. Alih-alih sebagai pembangun, kritik diri secara berlebihan malah akan membuatmu menjadi insecure dan kurang percaya diri.

Berhentilah berbicara negatif terhadap dirimu sendiri, mulailah membangun dan menegakan penggambaran positif agar tidak “mental blocking.

3. Sering Melakukan Prokrastinasi

procrastination atau prokrastinasi dalam Bahasa Indonesia. Dimana jika digabungkan kata tersebut berarti “senang melakukan tugasnya besok”.  Nah, bagi kamu yang sering menunda-nunda pekerjaan atau tugas ini juga salah satu perilaku toxic ke diri sendiri lho, yuk mulai kurangi.

0 Komentar