Puskesmas Situ Tampung Aspirasi Di Kegiatan MMD

Photo bersama Kepala Desa Jatihurip Tata dan Kepala Puskesmas Situ Dr Hj Ratih Noor Agni.
Photo bersama Kepala Desa Jatihurip Tata dan Kepala Puskesmas Situ Dr Hj Ratih Noor Agni. (ACHMAD/SUMEKS)
0 Komentar

sumedangekspres, KOTA – Musyawarah Masyarakat Desa ( MMD ) Bidang Kesehatan merupakan pertemuan dari perwakilan warga dari masyarakat desa, yang mewakili seluruh lapisan masyarakat.

MMD bertujuan untuk membahas masalah-masalah kesehatan yang didapatkan dari hasil Survei Mawas Diri ( SMD ) yang sudah dilaksanakan pada Tahun 2022 .

“SMD yang kami laksanakan pada tahun 2022 itu, berupa kuesioner yang diisi dan diambil sample dari beberapa lapisan masyarakat desa tersebut,” kata Kepala Puskesmas Situ Dr Hj Ratih Noor Agni kepada Sumeks, Kamis (12/1).

Baca Juga:Kepala Desa Upayakan Perbaikan Rumah EemPasar Minggu Bojong Diminati Pengunjung

Kemudian, dari hasil SMD, diangkat ke dalam MMD, untuk diketahui oleh masyarakat desa tersebut, terkait apa masalah-masalah kesehatan yang dirasakan masyarakat.

“Tindak lanjutnya, bagaimana kami pihak Puskesmas harus menanggapi dan mencari solusi, agar masalah-masalah kesehatan di masyarakat desa bisa diselesaikan secara bersama-sama,” ujarnya.

Ratih Menjelaskan, forum MMD ini merupakan forum dari masyarakat, untuk masyarakat dan oleh masyarakat.
“Di sini, Puskesmas sebagai fasilitatornya mungkin seperti itu tujuannya,” katanya.

Bahkan MMD juga merupakan kegiatan rutin Puskesmas Situ setiap tahun, yang memang harus dilaksanakan.

“Ini merupakan bahan masukan untuk Musrembang ataupun untuk penyusunan rencana anggaran ke depannya, dalam menyelesaikan masalah-masalah kesehatan yang ada,” katanya.

Sehingga, semua permasalahan itu diselesaikan berbasis data tidak hanya opini saja, karena pihak Puskesmas mengambil SMD itu betul-betul kuesioner yang disebarkan ke masyarakat, sesuai dengan sampel yang sudah dihitung, dan sesuai dengan aturan yang ada.

Ratih berharap, masyarakat Sumedang, khususnya Desa Jatihurip bisa lebih mandiri bisa lebih sehat lagi,” tutupnya. (ahm)

Itulah sekilas informasi Puskesmas Situ Tampung Aspirasi Di Kegiatan MMD

Berita Menarik KLIK DISINI

0 Komentar