Takeran Yang Benar Membuat Kopi Robusta

Takeran Yang Benar Membuat Kopi Robusta
Takeran Yang Benar Membuat Kopi Robusta /(Sumber: Shutterstock)
0 Komentar

Sering kali penikmat kopi memasukkan yang tidak sesuai dengan takaran, seperti terlalu sedikit atau terlalu banyak kopi. Akan membuat cita rasa yang muncul tidak optimal.

Terlalu sedikit kopi juga akan menghasilkan rasa yang pahit karena banyaknya air dibandingkan dengan bubuk kopi itu sendiri. Jika terlalu banyak kopi maka akan berakibat bubuk kopi tersebut tidak akan larut dengan sempurna dan rasa kopi tidak muncul.

4. Masuk Proses Penggilingan
Jika dalam cara menyeduh kopi robusta ini salah maka rasa kopi akan terasa pahit. Didalam proses penggilingan, jangan digiling terlalu halus ataupun terlalu kasar. Pastikan kopi yang dibeli masih berbentuk biji, agar bisa diseduh sendiri.

Baca Juga:Lokasi Salon Di Sumedang Yang TerpercayaLokasi Tempat Fitnes Di Sumedang

Alat penggiling kopi atau grinder juga ada bermacam macam jenisnya. Jika biji kopi digiling terlalu halus maka kopi yang dihasilkan akan muncul rasa yang sangat pahit. Dan sebaliknya, jika digiling terlalu kasar maka kopi yang dihasilkan pun akan terasa sangat datar.

5. Lama Memasak Perhatikan Dengan Baik
Lamanya menyeduh kopi juga mempengaruhi dari cita rasa kopi itu sendiri. Hasil rasa yang terbaik dari kopi ini akan berasa setelah 4 menit terjadinya kontak antara kopi dengan air panas.

Tetapi biasanya lama penyeduhan ini tergantung dari jenis kopi itu sendiri. Jika rasa yang dihasilkan tidak sesuai dengan keinginan maka waktu kontak antara kopi dengan air panas masih terlalu cepat atau bahkan bisa jadi terlalu lama dimasak.

6. Pilih Waktu Seduh Yang Tepat
Agar cara menyeduh kopi robusta menghasilkan aroma dan rasa terbaik. Diperlukan waktu yang tepat untuk menikmati kopi tersebut. Biasanya para penikmat kopi akan meminum kopi ini pada saat pagi hari atau malam hari.

Apalagi jika pada saat suasana hujan meminum kopi bisa jadi pilihan. Selain itu saat beraktivitas seperti, saat bekerja kopi bisa dijadikan untuk menemani aktivitas yang dilakukan.

Rasa kopi terbaik hanya bisa dinikmati saat cara menyeduhnya juga dengan benar. Dan nikmati segera kopi yang telah jadi. Pastikan untuk menjaga temperatur kopi pada suhu antara 80 derajat hingga 75 derajat celcius.

0 Komentar