Takeran Yang Benar Membuat Kopi Robusta

Takeran Yang Benar Membuat Kopi Robusta
Takeran Yang Benar Membuat Kopi Robusta /(Sumber: Shutterstock)
0 Komentar

sumedangekspres – Takeran Yang Benar Membuat Kopi Robusta. Cara meracik kopi robusta ini tidak sembarangan agar mendapatkan cita rasa yang memuaskan. Untuk itu penting bagi para pencinta kopi khususnya pada kopi robusta bagaimana cara menyeduh kopi robusta dengan benar simak penjelasan berikut.

Kopi Robusta cenderung pahit daripada arabika karena kafeinya lebih tinggi, namun aroma kopi yang dihasilkan lebih tajam dan juga tidak terasa asam. Setiap jenis kopi memiliki aroma dan cita rasa yang berbeda. Rasa pahit yang disebabkan oleh cara seduh yang salah.

Kenikmatan dan kesegaran kopi memang sangat dipengaruhi oleh jenis kopi. Namun teknik menyeduh yang tepat juga mampu memberikan pengaruh besar pada rasa yang dihasilkan. Untuk itu, penting bagi para penikmat kopi untuk mengetahui bagaimana cara menyeduh kopi dengan benar.

Berikut Takeran Yang Benar Membuat Kopi Robusta:

Baca Juga:Lokasi Salon Di Sumedang Yang TerpercayaLokasi Tempat Fitnes Di Sumedang

1. Gunakan Air Yang Telah Disaring
Untuk memperoleh rasa kopi yang nikmat dan berkualitas, sebaiknya gunakan air yang telah disaring atau air botolan. Air yang digunakan juga dapat mempengaruhi cita rasa dari kopi robusta tersebut.

Dan takaran air juga harus diperhitungkan untuk mendapatkan rasa yang diinginkan.

Bagi para pencinta kopi yang ingin menyeduh sendiri di rumah sangat di anjurkan dalam 1 gram kopi membutuhkan air 15 ml. Kualitas dari air yang digunakan akan sangat mempengaruhi hasil dari kopi robusta.

2. Perhatikan Suhu Air
Suhu air paling ideal untuk menyeduh kopi ialah antara 90 sampai 96 derajat celcius. Pada suhu itu, kopi tersebut akan tercampur dengan air secara optimal atau menyeluruh. Pada suhu yang lebih dingin akan menghasilkan cita rasa kopi yang datar.

Dan sebaliknya, jika suhu yang digunakan terlalu panas juga akan menghilangkan kualitas rasa dari kopi tersebut.

Jadi memang suhu paling ideal adalah di tengah tengah, tidak terlalu dingin juga tidak terlalu panas. Maka untuk cita rasa yang terbaik, sebaiknya diamkan terlebih dahulu air yang telah mendidih selama 1 sampai 2 menit sebelum menyeduh kopi.

3. Lihat Proporsi Kopi
Cara menyeduh kopi robusta yang selanjutnya adalah dengan mengetahui proporsi dari kopi tersebut agar mendapatkan cita rasa yang diinginkan.

0 Komentar