Makna Barongsai Disetiap Perayaan Imlek. Tahun Baru Imlek 2023 Sebentar Lagi!

Makna Barongsai Disetiap Perayaan Imlek. Tahun Baru Imlek 2023 Sebentar Lagi!
(Istimewa/Pinterest Chines New Year)
0 Komentar

sumedangekspres – Makna Barongsai di tahun baru imlek 2023 jatuh pada 22 Januari 2023. Barongsai merupakan simbol yang sering dipakai saat perayaan imlek.

Sejarah Singkat Barongsai

Kesenian Barongsai diperkirakan memasuk Indonesia pada abad ke-7, saat terjadinya migrasi besar dari China Selatan. Barongsai di Indonesia mengalami perkembangan ketika zaman masih adanya perkumpulan Tiong Hoa Hwe Koan. Sejarah munculnya kesenian ini terlihat pada masa Dinasti Chin sekitar abad ke 3 Sebelum Masehi. Arti barongsai sendiri adalah tarian tradisional China yang menggunakan sarung menyerupai singa.

Makna Barongsai

Makna Barongsai menurut orang China yaitu penggunaan Barongsai sebagai simbol pembawa kesuksesan dan keberuntungan. Selain pada acara perayaan imlek Barpngsai juga digunakan pada acara-acara seremonial seperti salah satunya pembukaan tempat usaha baru. Makan selanjutnya Barongsai juga dipercaya dapat “membersihkan” suatu tempat dari hal-hal yang dirasa maupun dianggap negatif.

Baca Juga:Yu Simak Apa Saja Nilai-Nilai yang Terkandung Pada Kesenian Kuda Renggong!Simpan Tanaman Hias di Dalam Ruamah! Menjaga Kesehatan dan Mempercantik Ruangan

Gerakan dalam kesenian Barongsai juga beragam. Salah satu gerakan utama dari tarian Barongsai yaitu gerakan singa yang memakan amplop berisi uang gerakan tersebut juga disebut dengan istilah “Lay See”. Saat memakan amplos biasnya di atas amplop tersebut  ditempeli dengan sayuran selada air atau “Chai Chin” yang melambangkan hadiah bagi sang Singa.

Barongsai juga terkenal dengan keunikan bentuk tubuhnya yang memanjang dan digerakan beberapa orang di dalamnya . Kerangka dimulai dari kepala atau topeng Barongsai terbuat dari rotan. Bagian bawah samping kanan dan kiri diberi celah untuk penari depan, agar nyaman dalam membawakan topeng pada saat menari. Penari barongsai hanya memakai kostum bagian bawah yang akan menyerupai kaki Barongsai. Barongsai memiliki warna kostum yang juga identik dengan perayaan imlek.

 

0 Komentar