Tasikmalaya ke Bandung Hanya 40 Menit, Kapan Tol Citagas Rampung?

Jika Tol Citagas Rampung, Tasikmalaya ke Bandung Hanya 40 Menit!
Jika Tol Citagas Rampung, Tasikmalaya ke Bandung Hanya 40 Menit! (Humas Pemda Jabar)
0 Komentar

sumedangekspres – Tol Citagas akan segera dibangun, waktu tempuh dari Tasikmalaya ke Bandung hanya akan berkisar 40 menit. Tol Cigatas adalah bagian dari pembangunan tol Gedebage, Tasikmalaya sampai Cilacap (Getaci). Jika terealisasi, tol ini diklaim akan menjadi tol terpanjang di Nusantara. Tol Getaci diproyeksi memiliki panjang 206,65 KM.

Diketahui, Jalan Tol Cigatas memiliki ukuran jarak sepanjang 206, 65 KM, dengan rincian, Seksi 1 Gedebage – Garut Utara 45,20 km, Seksi II Garut Utara – Tasikmalaya 50, 32 km, Seksi lll Tasikmalaya – Patimuan 76, 78 km dan Seksi lV Patimuan – Cilacap sepanjang 34,35 km.

Jalan Tol Gedebage – Tasikmalaya – Cilacap (Tol Getaci) merupakan jalan tol yang berada di Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Jawa Tengah dan memiliki rute dari Gedebage (Kota Bandung), melalui Kabupaten Bandung, Garut, Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Ciamis, Kota Banjar, Pangandaran, dan berakhir di Cilacap.

Baca Juga:Waspada! Patah Hati Bisa Menyebabkan Penyakit Bahkan KematianPenerima PKH, BPUM, BSU Sekarang Bisa Mengikuti Progam Kartu Prakerja 2023, Simak Ulasan Lengkapnya!

Ruas jalan tol ini adalah bagian dari Jalan Tol Trans Jawa. Nilai investasi pembangunan jalan tol mencapai Rp 56,2 triliun dengan panjang 206,65 km yang melintasi wilayah Provinsi Jawa Barat (169,09 km) dan wilayah Provinsi Jawa Tengah (37,56 km). Tol ini juga berperan penting dalam memecahkan masalah kemacetan lalu lintas dari Gedebage (Kota Bandung) hingga Cilacap, karena ditargetkan mampu menampung 10.800 kendaraan dalam satu hari.

Jika Tol Citagas sudah bisa beroperasi, menurut Ridwan Kamil waktu tempuh dari Tasikmalaya ke Bandung hanya akan berkisar 40 menit.

“Jadi ibu engke lamun sono ka Bandung, jus ngan 40 atau 50 menit, moal dua jam tilu jam deui. (Jadi nanti ibu kalau kangen ke Bandung, langsung melesat hanya 40 atau 50 menit saja sudah sampai, tidak akan makan waktu dua jam atau tiga jam lagi). Mohon doa nya,” kata gubernur Jawa barat Ridwan Kamil disela-sela acara peresmian Alun-alun Singaparna, Tasikmalaya, Sabtu 14 Januari 2023.

Tahap pertama Gedebage-Tasikmalaya rencananya akan mulai dibangun pada 2022 dan selesai 2024. Sementara untuk tahap kedua yakni Tasikmalaya-Cilacap konstruksinya dimulai pada 2027 dan selesai 2029.

0 Komentar