Kuala Kencana Kota Modern Di Tengah Hutan Rimba Papua, Pertama Di Indonesia

Kuala Kencana Kota Modern Di Tengah Hutan Rimba Papua, Pertama Di Indonesia
(Tangkapan layar/Youtube Freeport Indonesia)
0 Komentar

sumedangekspres – Kuala Kencana adalah kawasan yang dikelola oleh PT Freeport Indonesia (PTFI) dan tidak sepenuhnya merupakan kawasan wisata. Karena hanya orang dengan KTP atau kartu PTFI atau yang sudah memiliki izin tertentu yang bisa masuk ke area tersebut.

Setiap kendaraan yang memasuki Kuala Kencana harus menjalani pemeriksaan ketat dan menyeluruh di Posko Perbatasan Timika-Kuala Kencana. Keindahan, kesejukan dan kebersihan kawasan ini membuat banyak orang terpesona.

Salah satu fakta menarik yaitu Kuala Kencana merupakan kota pertama di Indonesia yang menggunakan jaringan listrik bawah tanah, komunikasi dan distribusi air bersih, serta pengolahan limbah terpusat. Tidak ada saluran listrik atau telepon yang terlihat di sekitar lingkungan yang biasanya tergelantung melaui tihang. Semuanya tertanam rapi di tanah seolah-olah kita berada di luar negeri.

Baca Juga:BUMN Buka Program Magang Generasi Bertalenta (MAGENTA) 2023, Ini Jadwal dan Link PendaftaranYou and I dari Diego Gonzalez Lirik Lagu Konten Bucin Tiktok!

Kuala Kencana diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 5 Desember 1995. Berada di wilayah kontrak kerja PT Freeport Indonesia. Kecamatan Kuala Kencana merupakan salah satu dari 18 Kecamatan di Kabupaten Mimika dan merupakan kepanjangan dari Kabupaten Mimika Baru. Kuala Kencana adalah kota pertama di Indonesia yang menggunakan fasilitas bawah tanah. Pengunjung biasanya tidak melewatkan kesempatan berfoto di pedesaan, yang menampilkan monumen kerajinan tangan Papua yang dikelilingi air mancur.

Tidak perlu kecewa kamu tidak dapat melihat bagaimana kota indah ini, kamu bisa melihat bagaimana kota modern ini melalui youtube Freeport Indonesia.

0 Komentar