Pengaruh Work Life Balance Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kesehatan Mental

Pengaruh Work Life Balance Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kesehatan Mental
(Istimewa/Pinterest ilustrasi lingkungan kerja)
0 Komentar

sumedangekspres – Work life balance dan lingkungan kerja memiliki pengaruh pada kesehatan mental karyawan. Simak penjelasannya dibawah ini!

Kesehatan mental adalah aspek yang sangat penting bagi keseimbangan hidup manusia termasuk dalam dunia kerja. Kesehatan mental di tempat kerja dilihat dengan bagaimana setiap karyawan yang bekerja tersebut akan melakukan aktivitas pekerjaan yang membutuhkan kesehatan mental yang baik agar bisa tetap produktif dan berkontribusi bagi perusahaan.

Menurut  salah satu ahli Greenhaus et al (2003) work family balance yaitu sejauh mana seseorang terlibat dan puas secara seimbang berkontribusi pada perannya dalam pekerjaan maupun keluarga. Keseimbangan tersebut dapat berupa positif dan negatif tergantungt keterlibatan yang dibagi kedalam waktu dan psikologis.

Baca Juga:Viral Siswa SMP Jago Dansa Dihujat Netizen Ternyata Peraih Mendali EmasRibut di Instagram Live Bunda Corla vs Nikita Mirzani, Ada Apa?

Namun lingkungan kerja merupakan keseluruhan alat dan bahan yang perlu dihadapi, lingkungan sekitarnya dimana seseorang bekerja, metode kerjanya, serta pengaturan kerjanya baik sebagai perseorangan maupun sebagai kelompok. Kesehatan mental sebagai penyesuain manusia terhadap lingkungannya terhadap orang-orang lain dengan kefektifan dan kebahagiaan yang maksimal.

Jika karyawan tidak memiliki keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi maka karyawan juga dapat dikatakan tidak memiliki work life balance yang baik. Namun jika individu dapat memiliki keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi yang baik maka orang itu akan bekerja dengan baik sesuai dengan tanggung jawab yang ada di kantor sehingga menimbulkan kepuasan kerja karena selama bekerja menghasilkan emosi positif atau keadaan yang menyenangkan.

Menurut beberapa penelitian kesehatan mental di tempat kerja masih sering diabaikan padahal kesehatan mental sangat berpengaruh terhadap produktivitas. Orang yang memiliki mental yang sehat dari aspek emosional cukup mantap dan stabil sehingga perilakunya tidak mudah terguncang oleh situasi yang berubah di lingkungannya. Orang yang memiliki mental yang sehat jugaakan mudah  menyesuaikan terhadap kondisi lingkungan sehingga lebih terhindar dari stres.

Kesehatan mental tentunya akan mendorong atau memperkuat secara signifikan pengaruh lingkungan kerja. Kesehatan mental yang dapat diukur berdasarkan empat dimensi yaitu fisik, psikis, sosial, dan moral hingga religius yang berpengaruh signifikan terhadap hubungan di lingkungan kerja.

0 Komentar