Kesenian Angklung Jenglung Sumedang

Kesenian Khas Sumedang Angklung Jenglung
Kesenian Khas Sumedang Angklung Jenglung/youtube.Diajeng Icha
0 Komentar

sumedangekspres – Kesenian Khas Sumedang Angklung Jenglung, angklung merupakan alat musik tradisional Jawa Barat yang terbuat dari potongan bambu.

Alat musik ini terdiri dari 2 sampai 4 tabung bambu yang dirangkai menjadi satu dengan tali rotan.

Tabung bambu diukir detail dan dipotong sedemikian rupa untuk menghasilkan nada tertentu ketika bingkai bambu digoyang.

Baca Juga:Sejarah Kolonial Perlawanan Rakyat Nusantara Terhadap PortugisLirik Lagu Yura Yunita – Dunia Tipu Tipu

Kata angklung sendiri berasal dari bahasa Sunda angkleung-angkleungan yaitu gerakan pemain angklung, serta dari suara klung yang dihasilkan instrumen bambu ini.

Angklung sebenarnya merupakan pengembangan dari alat musik calung, yaitu tabung bambu yang dipukul. Sementara, angklung merupakan tabung bambu yang digoyang sehingga menghasilkan hanya satu nada untuk setiap instrumennya.

Seiring perkembangan angklung, sejak November 2010, UNESCO telah menetapkan angklung sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia.

Kelompok seniman di Sumedang tersebut, merupakan kelompok seni Angklung Jenglung, yang berasal dari Kampung Cirangkong, Kelurahan Cipameungpeuk, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang.

Sesepuh seni Angklung Jenglung Cirangkong, Abin Robani menyebutkan, kesenian Angklung Jenglung ini telah ada sejak zaman para wali.

Kesenian ini, kerap menjadi hiburan dalam berbagai acara. Mulai dari syukuran khitanan, resepsi pernikahan, hingga penyambutan pemimpin daerah.

Seni tradisi Angklung Jenglung ini sudah ada sejak zaman para wali. Dahulu itu, tidak hanya di Sumedang, tapi kesohor sampai Cianjur.

Baca Juga:Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik Untuk Keluarga Di Akhir TahunWisata Air Sumedang Rancagoyang, Cocok Untuk Liburan Akhir Pekan

Kesenian ini, sudah ada sejak 300 tahun lalu. Bahkan bisa jadi lebih dari itu.

Berikut Kesenian Khas Sumedang Angklung Jenglung.

 

0 Komentar