Pentingnya Mengenal dan Mengembangkan Potensi Diri di Era Digital

Pentingnya Mengenal dan Mengembangkan Potensi Diri di Era Digital
(Istimewa/Pinterset ilustrasi problem solution)
0 Komentar

sumedangekspres – Pesatnya perkembangan teknologi di era digital saat ini berdampak besar pada kehidupan normal hinggal kehidupan kerja. Banyak lapangan pekerjaan baru yang tercipta saat ini, namun di sisi lain beberapa pekerjaan atau profesi mulai hilang karena tergantikan oleh teknologi. Maka pentingnya bagi kita untuk mengenal dan menggali potensi pada diri.

Diharapkan dari usia dini hingga mahasiswa dapat mengembangkan keterampilan, minat dan potensinya serta mampu memperkuat dan membimbingnya dalam bidang studi atau profesi tertentu. Hard skill dan soft skill harus digali dalam diri mereka.

Di era digital ini, kita harus kritis memahami fenomena yang terjadi di lingkungan disekitar kita dan kita mampu mencari solusi dari permasalahan yang ada. Kemudian dengan kreativitas, di mana kreativitas dan kecerdikan sangat dibutuhkan di zaman sekarang ini dalam menciptakan hal-hal baru.

Baca Juga:Tteokbokki Regol Tempat Jajan Makanan Korea di SumedangLyrics Heat Waves Song by Glass Animals, Music Favorite di Tiktok

Terkadang kita lupa berkomunikasi dengan orang-orang di sekitar kita dan dapat menyebabkan perasaan kesepian dan kehampaan menyebabkan aktivitas yang kurang produktif. Di zaman sekarang kita juga perlu belajar bagaiman bekerjasama, dimana seseorang harus dapat bekerja sama dan berkolaborasi dengan orang lain untuk mendiskusikan masalah yang ada bersama-sama, dan bekerja sama untuk menyelesaikannya.

Salah satu teori tentang kemampuan atau potensi diri yang paling sering digunakan di dunia psikologi adalah Kecerdasan Majemuk. Dimana setiap orang memiliki kecerdasaannya masing-masing. Ini beberapa tips untuk mengenal potensi diri yang bisa kamu kembangkan nantinya :

1. Tentukan Impian yang Ingin Dicapai

Impian seperti sesuatu yang akan mendorong kita terus maju agar mencapainya. Dalam proses mencapai impianmu kamu akan membentuk karakter dan potensi diri kamu secara alami.

2. Kenali Kelebihan dan Kekurangan Diri

Kamu perlu memahami apakah kelebihan dan kekurangan Kamu. Setiap kelebihan akan menjadi potensi diri yang mumpuni namun belum tentu juga hal itu berarti potensi diri. Beberapa kekurangan justru kadang kala dapat menjadi potensi diri.

3.Ketahui apa yang Anda sukai

Cara yang efektif  untuk mengetahui relevansi terhadap potensi diri adalah tentang apa yang di suka atau tidak suka. Potensi diri adalah menyoal apa yang disukai dan secara terus-menerus dikembangkan.

0 Komentar