Inovasi Ubi, Resep Donat Ubi Ungu

ubi
(Istimewa/Pintrest/)
0 Komentar

Sumedangekspres – Berikut resep dari bahan ubi ungu yang dihimpun dari Cookpad. Resep Donat Ubi ungu simpel dan lezat.

Bahan-Bahan:

500 gr tepung terigu protein tinggi

11 gr ragi instan

1/2 sdt garam

100 gr gula pasir

2 butir telur ayam

200 gr ubi ungu, kukus & lumatkan

180 ml susu hangat

75 gr butter/margarin

Secukupnya minyak untuk menggoreng

Langkah Pembuatan:

1. Tambahkan semua bahan ke dalam mangkuk besar. Aduk dengan sendok kayu hingga membentuk adonan. Kemudian uleni adonan dengan tangan hingga kalis. Dibutuhkan sekitar 10-12 menit dengan tangan atau 8-10 menit dalam mixer berdiri.

2. Bentuk adonan menjadi bola. Tutup dengan handuk dapur bersih dan biarkan adonan mengembang selama 90 menit pada suhu hangat.

Baca Juga:Jadwal Tayang dan Sinopsis Mangkujiwo 2, Apakah Lebih Seram dari Film Sebelumnya?Update Download Higgs Domino RP APK Versi Terbaru X8 Speeder

3. Bentuk adonan menjadi bola. Tutup dengan handuk dapur bersih dan biarkan adonan mengembang selama 90 menit pada suhu hangat.

3. Setelah adonan mengembang 2 kali lipat, kempiskan adonan. Pindahkan ke permukaan yang ditaburi sedikit tepung dan uleni adonan untuk melepaskan gas.

4. Balikkan adonan ke permukaan yang ditaburi tepung, dan gulung perlahan hingga ketebalan 1/2 inci. Potong dengan pemotong donat berukuran 3 inci/7,5 cm yang telah ditaburi tepung. Atau gunakan pemotong kue, lalu buat lubang dengan pemotong kue 1 inci/2,5 cm.

5. Tempatkan setiap donat di atas selembar kertas perkamen. Artinya kertas dipotong-potong sesuai ukuran donat.

6. Tutup dengan handuk dapur bersih dan biarkan adonan istirahat dan mengembang selama 20-30 menit pada suhu hangat.

7. Panaskan minyak hingga suhu 350 ° F/175 ° C, masukkan donat dengan hati-hati menggunakan kertas ke dalam minyak. Masak sampai berwarna ungu gelap selama sekitar 1-2 menit di setiap sisi, balikkan sekali saja.

8. Pindahkan donat ke loyang yang dialasi kertas roti untuk dikeringkan dan didinginkan. Donat sudah siap saji. Bisa diberi toping sesuai selera.

 

0 Komentar