Perketat Keamanan Dengan Siskamling

Perketat Keamanan Dengan Siskamling
Perketat Keamanan Dengan Siskamling (ilustrasi/ist)
0 Komentar

sumedang, DARMARAJA – Upaya memperketat keamanan lingkungan, warga diminta galakan sistem keamanan lingkungan (Siskamling).

Ronda malam merupakan salah satu upaya paling epektif untuk memperkuat keamanan lingkungan dan siaga kondisi darurat.

Untuk meningkatkan kewaspadaan dalam satu wilayah tentu saja harus ada upaya saling mengingatkan dan menjaga satu sama lain.

Baca Juga:Wabup Sumedang: Agama dan Moral Pondasi Generasi MudaCatatkan Kinerja Impresif, Kepemimpinan Direktur Utama BRI Mendapat Apresiasi

Teknis untuk melakukan hal itu, warga harus berupaya dengan program siskamling.

“Saya sudah instruksikan kepada RT RW untuk menggerakan warga agar melakukan upaya siskamling di setiap lingkungannya,”kata Kepala Desa Tarunajaya,Endas Jauharudin, Kamis (27/1).

Pihaknya meminta setiap malam, ada kegiatan ronda secara bergiliran.

Selain untuk meningkatkan keamanan, ronda malam juga bisa jadi salah satu upaya menjaga kondisi kedaruratan.

“Keunggulan ronda malam itu, selain bisa meningkatkan keamanan, juga bisa membantu warga yang membutuhkan bantuan tengah malam (darurat),” katanya.

Dijelaskan, jika saat malam hari tiba-tiba ada orang sakit yang membutuhkan pertolongan pertama, maka warga bisa minta bantuan ke pos ronda untuk dibawa ke pihak medis.

“Kalau tengah malam ada yang sakit, warga bisa minta bantuan kepada warga lainnya yang tengah bertugas ronda,” kata dia (eri)

0 Komentar