Apa Itu Abusive Relationship? Kenali, Begini Penjelasannya

abusive
(Istimewa/Pintrest/)
0 Komentar

Sumedangekspres – Banyak orang mendambakan kisah asmaranya berjalan dengan lancar tanpa hambatan, hal tersebut menjadi impian setiap orang. Namun, ironisnya, tanpa disadari sering kali berada dalam kondisi hubungan yang tidak sehat. Justru, terikat pada hubungan abusive yang akan merugikan diri sendiri.

Apa Itu Abusive Relationship?

Dilansir dari Holopis.com dari situs Hallo Sehat, Abusive relationship atau hubungan abusive adalah pola atau perilaku kekerasan dalam suatu hubungan yang digunakan untuk membentuk kuasa dan kendali terhadap pasangannya atau mantan pasangannya. Perlakuan tersebut bisa berupa ancaman, isolasi, dan intimidasi secara emosional, finansial, seksual, dan fisik.

Menurut ahli Psikologi, Shorey dkk, terdapat 3 bentuk kekerasan dalam menjalin hubungan asmara (Pacaran/Rumah Tangga), sebagai berikut:

a. Kekerasan Secara Fisik

Baca Juga:Kamu Pecinta Kucing ? Berikut Ini Manfaat Menjadi Cat Lovers Menurut SainsTrauma Akibat Kekerasaan Rumah Tangga KDRT Yang Dialami Penyanyi Dangdut Cici Paramida

kekerasan yang dilakukan dalam bentuk seperti memukul, meninju, menendang, atau melemparkan suatu barang kepada pasangan yang dapat melukai fisik pasangan.

b. Kekerasan Secara Psikologis

Kekerasan yang dilakukan dalam bentuk seperti menghina, merendahkan, mengkritisi secara berlebihan, mengancam putus atau mengatakan sesuatu yang dapat menyebabkan pasangan menjadi merasa bersalah atau melukai perasaan pasangan

c. Kekerasan Secara Seksual

Kekerasan yang dilakukan dalam bentuk seperti mengintimidasi atau memaksa secara sengaja pada pasangan untuk melakukan aktivitas seksual

Ternyata, tingkat kekerasan abusive relationship yang dialami dapat meningkat dari waktu ke waktu. Sobat Holopis, mungkin di awal mengalami ancaman atau kekerasan secara verbal dan emosional. Seiring berjalannya waktu, ancaman ini akan berubah menjadi kekerasan fisik yang dapat menimbulkan bahaya paling nyata.

Tanda Terjebak Dalam Hubungan Abusive/ Abusive Relationship

  1. Pasangan sering kali mengkritik atau hyper-critical.
  2. Sering lontarkan candaan atau guyonan sarkastik yang menyakiti pasangan secara sengaja, hal tersebut terus berulang-ulang dilakukan. kamu, sudah menegurnya dan masih sama, waspada itu tanda terjebak hubungan abusive.
  3. Sering membentak, berteriak, dan memaki pasangan.
  4. Memanipulasi psikologi dari pasangan hingga kerap kali berpikir kalau dirinya sudah bersikap berlebihan atau bahkan sampai mempertanyakan kewarasannya sendiri
  5. (gaslighting).
  6. Sering melakukan tindakan kekerasan baik fisik, psikologis, maupun seksual.
0 Komentar