Kenali Gedang Klutuk, Minuman Ciu Asal Jawa Tengah

Minuman Ciu Jawa Tengah
Minuman Ciu Jawa Tengah
0 Komentar

sumedangekspres – Minuman ciu asal jawa tengah merupakan sebutan bagi minuman yang dihasilkan dari proses fermentasi. Seperti halnya Gedang Klutuk, minuman hasil dari fermentasi pisang ini merupakan salah satu ciu yang mempunyai penggemarnya sendiri.

Minuman asli yang berasal dari Desa Bekonang, Kabupaten Sukoharjo, ini laris manis di kalangan masyarakat, khususnya di Klaten. Desa Bekonang memang sudah dikenal sejak lama sebagai desa pengrajin penghasil alkohol atau ciu.

Proses pembuatan minuman ini dari buah pisang Klutuk yang direbus dengan air serta disuling. Hasil dari penyulingan tersebutlah yang dijadikan minuman ciu ini, karena mengandung alkohol.

Baca Juga:Tips Aman Dan Nyaman Berkendara Sepeda MotorHp Oppo A1 Pro 5G Terbaru 2023

Kadar kandungan alkohol pada ciu Gedang Klutuk ini sama seperti pada minuman ciu umumnya, yakni sekitar 35-40%.

Minuman Minuman Ciu Asal Jawa Tengah ini memiliki bau yang kecut serta rasa yang pahit. Dikemas dalam bentuk botol dan dijual dengan kisaran harga Rp30.000-Rp45.000.

Selain dijual di pasaran, Gedang Klutuk juga kini sudah dijual lewat aplikasi-aplikasi secara online.

Warna dari minuman ciu ini kuning keemasan seperti minyak curah, menimbulkan rasa panas di dalam badan saat diminum, dan dapat memabukkan. Karena rasa panas inilah kebanyakan orang-orang meminum Gedang Klutuk saat malam hari, dengan dalih menghangatkan badan.

Sebenarnya tidak sedikit masyarakat yang ingin mengonsumsi minuman beralkohol, namun terkendala biaya. Karena seperti yang kita ketahui, minuman-minuman beralkohol yang bermerek itu harganya mahal.

Maka mereka lebih memilih minuman tradisional yang harganya jauh lebih murah seperti ciu. Namun sayangnya minuman ciu lebih rentan untuk dioplos dengan kandungan-kandungan kimia yang berbahaya.

Itulah sebabnya mengapa banyak korban jiwa berjatuhan akibat dari mengonsumsi minuman ciu ini. Tidak heran jika pihak kepolisian sering merazia minuman-minuman yang termasuk ke dalam jenis miras ini.

Baca Juga:Hp oppo Reno 9 Pro Terbaru 2023Hp Oppo A58x Spesifikasi Dan Harga Terbaru 2023

Berlaku juga bagi minuman Gedang Klutuk ini, banyak yang sudah dioplos sehingga memiliki kadar kandungan alkohol yang berlebih yang tentunya sangat berbahaya bagi tubuh

(Habib Rotua)

0 Komentar