Tips Aman Dan Nyaman Berkendara Sepeda Motor

berkendara sepeda motor
berkendara sepeda motor
0 Komentar

sumedangekspres – Berkendara sepeda motor Saat ini menjadi salah satu kebutuhan bagi kebanyaan orang. Karena dinilai sebagai kendaraan yang praktis, ekonomis dan mudah digunakan kebanyakan orang baik untuk pergi kerja, sekolah maupun untuk bepergian.

Namun sayangnya masih banyak pengendara sepeda motor yang kurang mempersiapkan diri dan kendaraannya dengan baik, sehingga kerap terjadi kecelakaan. Bahkan sepeda motor menjadi sumbangsi terbesar kecelakaan lalu lintas hingga saat ini.

Nah untuk meminimalisir hal tersebut, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Apa saja? Simak penjelasan berikut.

Baca Juga:Hp Oppo A1 Pro 5G Terbaru 2023Hp oppo Reno 9 Pro Terbaru 2023

1. Menggunakan Helm
Helm menjadi salah satu barang wajib yang Anda pakai ketika bepergian. Namun sering kali orang menyepelekan hal tersebut.Dengan alasan cuman pergi ke warung terdekat, bepergian tidak jauh, ataupun karena tidak adanya polisi lalu lintas di jalan.Padahal helm berfungsi melindungi bagian kepala pengendara dari hembusan angin, butiran debu, kerikil, bahkan menjaga kepala anda saat terjadi benturan.
Riset mengatakan bahwa 90% kecelakaan yang menimbulkan kematian adanya di kepala.Oleh karena itu jangan sampai anda menyepelekannya.

2. Menggunakan perlengkapan Nyaman
Sudah menjadi hal wajar ketika keseharian menggunakan pakaian seperti baju dan celana. Lain halnya ketika berkendara, tentunya Anda harus menggunakan perlengkapan yang aman dan nyaman. Seperti jaket tebal sesuai keinginan dan kenyamanan Anda, sarung tangan serta sepatu. Bahkan jikalau punya pakailah pelindung lutut dan siku. Perlu diingat bahwa pakailah perlengkapan tersebut sesuai kenyamanan anda. Karena apabila Anda memakai pakaian terlalu panas bisa memicu tingkat emosional meningkat, menimbulkan dehidrasi, bahkan bisa mengantuk.

3. Cek kondisi kelayakan motor
Salah satu hal penting lainnya adalah memeriksa kelayakan motor. Terutama pada kondisi rem depan maupun belakang, karena untuk mengindari kejadian rem blong.
Selain itu jangan lupa cek oli dan bahan bakar minyak.

4. Patuhi aturan dan rambu lalu lintas
Yang terpenting dalam berkendara adalah patuhi segala aturan dan rambu lalu lintas di sepanjang perjalanan. Hal wajib lainnya adalah membawa identitas berkendara yang lengkap, yaitu SIM dan STNK motor anda. Disiplin menggunakan lampu sein saat Anda akan berbelok, menyalip dari jalur kanan, serta tidak menerobos ketika lampu merah.

0 Komentar