Sekilas Sejarah Kerajaan Salakanagara, Kerajaan Tertua Di Nusantara

Sekilas Sejarah Kerajaan Salakanagara Kerajaan Tertua Di Nusantara
Sekilas Sejarah Kerajaan Salakanagara Kerajaan Tertua Di Nusantara/pinterest
0 Komentar

Konon tokoh awal yang berkuasa di Banten adalah Aki Tirem. Kota inilah yang disebut Argyrè oleh Ptolemeus dalam tahun 150, dikarenakan Salakanagara diartikan sebagai “Negara Perak” dalam bahasa Sanskerta.

Kota ini terletak di daerah Teluk Lada, Pandeglang, Banten. Aki Tirem, penghulu atau penguasa kampung setempat yang akhirnya menjadi mertua pedagang dari Pallawa (Indo-Parthia) Dewawarman I ketika putri Sang Aki Luhur Mulya bernama Dewi Pohaci Larasati diperistri oleh Dewawarman I.

Hal ini membuat semua pengikut dan pasukan Dewawarman I menikah dengan wanita setempat dan tak ingin kembali ke India.

Ketika Aki Tirem meninggal, Dewawarman I menerima tongkat kekuasaan.

Baca Juga:Lomba Sihir Akan Tampil Di Now Playing Festival Sebagai Pentas SihirUsai Sabet Gelar Juara Indonesia Masters 2023, Inilah Profil dan Sederet Prestasi Pasangan Ganda Putra Leo / Daniel

Tahun 130 Masehi ia kemudian mendirikan sebuah kerajaan dengan nama Salakanagara beribu kota di Rajatapura. Ia menjadi raja pertama dengan gelar Prabu Darmalokapala Dewawarman Aji Raksa Gapura Sagara.

Beberapa kerajaan kecil di sekitarnya menjadi daerah kekuasaannya, antara lain Kerajaan Agninusa (negeri api) yang berada di pulau Krakatau.

Rajatapura adalah ibu kota Kerajaan Salakanagara hingga tahun 362 menjadi pusat pemerintahan raja-Raja Dewawarman (dari Dewawarman I – VIII).[butuh rujukan] Salakanagara berdiri hanya selama 232 tahun, tepatnya dari tahun 130 Masehi hingga tahun 362 Masehi.

Dewawarman I sendiri hanya berkuasa selama 38 tahun dan digantikan anaknya yang menjadi Dewawarman II dengan gelar Prabu Digwijayakasa Dewawarmanputra.

Prabu Dharmawirya tercatat sebagai raja Dewawarman VIII atau raja Salakanagara terakhir hingga tahun 363 karena sejak itu Salakanagara telah menjadi kerajaan yang berada di bawah kekuasaan Tarumanagara yang didirikan tahun 358 Masehi oleh Maharesi yang berasal dari Calankayana[siapa?] di India bernama Jayasinghawarman.

Pada masa kekuasaan Dewawarman VIII, keadaan ekonomi penduduknya sangat baik, makmur dan sentosa, sedangkan kehidupan beragama sangat harmonis.

Kerajaan Salakanagara dianggap sebagai leluhur orang-orang Sunda, dibuktikan dengan persisnya wilayah kekuasaan kerajaan ini sama dengan peradaban suku Sunda dan kata “Salakanagara” memiliki kesamaan kosakata dengan kata “Sunda”.

Berikut Sekilas Sejarah Kerajaan Salakanagara Kerajaan Tertua Di Nusantara

0 Komentar