The Fairy Tale Syndrome! Mengenal Peter Pan dan Cinderella Complex

Cinderella
(Istimewa/Pintrest/)
0 Komentar

Sumedangekspres – The Fairy Tale Syndrome yang merupakan sebuah syndrome dalam dunia psikologi, ada dua sindrom yang terkait dengan kedewasaan, yaitu Peter Pan Complex dan Cinderella Complex. Keduanya memang terinspirasi dari dongeng Peter Pan dan Cinderella. Peter Pan, dalam kisah yang ditulis oleh James M. Barrie, adalah bocah lelaki yang selamanya menjadi anak-anak (baik fisik maupun psikologis). Sementara Cinderella adalah dongeng tentang gadis yang disiksa oleh ibu tirinya dan dia sangat mendambakan kehadiran penyelamat dalam wujud seorang pangeran tampan.

Apa itu Peterpan complex?

ndrom ini sebenarnya bisa menyerang pria dan wanita, tapi kasusnya lebih banyak terjadi pada pria dewasa. Peter Pan Complex adalah ketidakmampuan seseorang untuk tumbuh dewasa secara psikologis. Ketidakmampuan atau ketidakinginan seseorang untuk menerima dirinya bertanggung jawab untuk menjadi seorang dewasa.

Durand dan Barlow (Intisari Psikologi Abnormal, 2007) sedikit menyinggung Peter Pan Complex dalam kasus kepribadian. Menurut mereka, orang dengan sindrom tersebut memiliki hambatan untuk menjadi dewasa.

Baca Juga:Tanda laki-laki Yang Tidak Dewasa Peterpen Complex, Pikir Lagi Ya Leadis!Rekomendasi Body Lotion/Body Serum Terbaik Versi Selebgram Irbahsalss

Secara psikologis, kedewasaan ditandai dengan kemampuan mengambil keputusan, memahami identitas diri, bisa berempati, inisiatif, mandiri, berani bertanggung jawab, dan bisa mengontrol emosi.

gejala utama sindrom ini seperti: sangat tergantung hingga hal-hal kecil pada orang lain/pasangan, emosi labil, daya juang sangat rendah, sulit berkomitmen, manipulatif, tidak bertanggung jawab dan tidak mau dikritik, dan terlalu mencintai diri sendiri.

Namun perlu diingat bahwa, American Psychiatric Association (APA), selaku badan yang selama ini menjadi rujukan penentuan diagnosis gangguan kejiwaan di seluruh dunia, belum memasukkan Peter Pan Complex ke dalam klasifikasi gangguan mental.

Apa itu Cinderella Complex?

Cinderella Complex. Sama seperti dongeng Cinderella, wanita dengan sindrom ini takut mandiri dan sangat berharap ada sosok lelaki yang bisa melindunginya dalam semua hal. Mereka sangat mengharapkan kehidupan yang secure dan ideal seperti dalam dongeng. Gejalanya juga hampir sama dengan Peter Pan Complex. Wanita dengan Cinderella Complex amat sangat tergantung dengan pasangannya. Mereka inginnya hanya dilayani, atau dalam istilah psikologis disebut dengan conditional positive regard (cinta bersyarat).

0 Komentar