Pusda Tingkatkan Minat Literasi Masyarakat

Pusda Tingkatkan Minat Literasi Masyarakat
Menurut Pustakawan Pusda Sumedang, Ajeng Inten Legi Novita Sarip, perpustakaan daerah hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi dan pengetahuan
0 Komentar

sumedang, KOTA – Perpustakaan merupakan wadah bagi siapa saja yang haus akan kebutuhan literasi. Bahan pustaka dan sumber informasi lainnya juga tersedia di perpustakaan.

Salah satunya perpustakaan daerah (Pusda) Kabupaten Sumedang yang hadir demi memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi. Perpustakaan daerah
hadir dengan gedung terbarunya, dan difasilitasi cukup lengkap.

Menurut Pustakawan Pusda Sumedang, Ajeng Inten Legi Novita Sarip, perpustakaan daerah hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi dan pengetahuan. Walaupun di era digital ini banyak platform lain yang digunakan, perpustakaan daerah hadir sebagai pelengkap sumber informasi yang relevan.

Baca Juga:Kadiskop Sumedang Sikapi Kenaikan Harga KomoditasKemenkumham Sebut Masyarakat Tak Paham Esensi HAM

“Kemajuan suatu daerah dapat dilihat dari seberapa hebat perpustakaannya. Asumsi itu terbukti dengan adanya gedung perpustakaan baru yang lebih baik dan lebih besar daripada sebelumnya.” ucap Ajeng.

Walapun gedung baru Pusda ini belum rampung 100%, animo masyarakat yang didominasi oleh para pelajar tumbuh dengan pesat. Tercatat dalam beberapa hari pasca soft opening, angka pengunjung perpustakaan daerah naik dari 50 orang pengunjung per hari, menjadi 60 -100 orang per hari.

Selain kegiatan membaca, pengunjung juga dapat melakukan berbagai kegiatan positif lainnya, seperti penelitian. Bahkan dalam waktu dekat, akan turut dibangun auditorium atau mini teater.

“Perpusnas menggadangkan perpustakaan berbasis inklusi sosial, di mana perpustakaan tidak hanya sekedar menyimpan bahan Pustaka saja, melainkan juga menjadi tempat bagi masyarakat untuk melakukan berbagai kegiatan positif.” tambah Ajeng menerangkan.

Tersedianya papan catur dan ruang rapat, juga mempertegas sarana sosial berbasis inklusi. Dengan menjadi member, setiap pengunjung dapat meminjam buku yang tersedia dan bisa menikmati fasilitas yang ada.

Adapun syarat menjadi member ini sangat mudah, hanya dengan mendaftarkan diri Anda dan membawa fotocopy Identias.

Pengenalan literasi terhadap masyarakat pun selalu diupayakan oleh pihak perpustakaan melalui program perpustakaan keliling. Program ini dicanangkan untuk menjangkau hingga ke pelosok daerah yang jauh dari perpustakaan.

Baca Juga:Fitch Ratings Naikkan Peringkat BRI Menjadi BBB dan AAA (idn) dengan Outlook Stabil, Ini Faktor Pendorongnya!Jelang Publikasi Kinerja Keuangan, Diproyeksikan Kontribusi BRI untuk Negara dan Rakyat Semakin Besar

Dengan hadirnya perpustakaan bergedung baru dan beragam fasilitas, diharapkan jumlah angka pengunjung akan lebih meningkat lagi. (cr)

0 Komentar