Raja-Raja Yang Berkuasa Di Sumedang Larang

Sejarah Raja-Raja Yang Berkuasa Sumedang Larang
Sejarah Raja-Raja Yang Berkuasa Sumedang Larang /pinterest.net
0 Komentar

sumedangekspres – Mengenal Sejarah Raja-Raja Yang Berkuasa Sumedang Larang seiring dengan perubahan zaman dan kepemimpinan, nama Kabuyutan Tembong Ageung mengalami beberapa kali perubahan nama.

Putra dari Aji putih yang bernama Prabu Tajimalela,yang kemudian menggantikannya sebagai penguasa kabuyutan, menggantiTembong Ageung dengan nama Himbar Buana, yang berarti menerangi alam.Setelah melakukan pertapaan Prabu Tajimalela, seolah mengalami pencerahan, dania berkata:”Insun medal insun madangan .” (artinya: Saya dilahirkan saya
menerangi).

Dan dari perkataan Tajimalela inilah kemudian nama Sumedang Larang diambil.

Dengan demikian kata Sumedang berasal dari kata insun madangan yang disingkat Sumedang, yang berarti saya menerangi, dan ada jugayang menulis berasal dari kata insun medal yang mengalami perubahan pengucapan.

Sedang kata Larang berarti sesuatu yang tidak ada tandingannya.

Sejarah Raja-Raja Yang Berkuasa Sumedang Larang , adalah:

PRABU AJI PUTIH

Baca Juga:Kesenian Tarawangsa Rancakalong SumedangLirik Lagu The Jansen – Kau Pemeran Utama Disebuah Opera

Prabu resi Aji putih adalah seorang resi trah Galuh (masih keturunanbangsawan galuh), yang dianggap sebagi perintis dari kerajaan Sumedang Larang.

Ia diyakini merupakan keturunan dari Aki Balangantrang, cucu Wretikandayun(pendiri kerajaan Galuh), dan merupakan inspirator dalam kudeta Ciung Wanara(Sang Manarah) di tanah Galuh.

Ia datang ke suatu kampung yang bernama Cipaku,yang letaknya di pinggir sungai Cimanuk (kampung Muhara, desa Leuwihideng,kecamatan Darmaraja Sumedang).

Disini ia melakukan perubahan tatananpemerintahan dan masyarakat, yang konon daerah ini sudah ada sejak abad ke-8 M.Pengaruhnya semakin kuat sehingga kekuasaanya meluas hingga sepanjangwalungan (sungai) Cimanuk, hingga berdirinya kerajaan Tembong Ageung.Tembong Ageung berarti Kelihatan besar / luhur.

Prameswari prabu Aji Putihbernama Nyi Mas Ratu Ratna Inten atau terkenal juga dengan nama Nyi Mas DewiNawang Wulan, putri dari Jagat Jayanta Dari perkawinanya ia mempunyai anakyang bernama Tajimalela, yang kemudian menggantikannya.

Setelah meninggalPrabu Aji Putih dimakamkan di Astana Cipeueut, desa Cipaku Darmaraja. Dalamcerita rakyat , Prabu Aji Putih dikatakan telah memeluk agama Islam, tetapi ceritaini harus diteliti dengan jelas.

PRABU TAJIMALELA

Prabu Tajimalela atau Batara Tuntang Buana (Prabu Agung ResiCakrabuana), dianggap sebagai pokok berdirinya kerajaan Sumedang Larang. Iameneruskan kekuasaan ayahnya, Prabu Guru Aji Putih.

0 Komentar