Lebaran Nanti Sumedang Tidak Akan Macet, Tol Cisumdawu Dibuka Penuh!

Lebaran Nanti Sumedang Tidak Akan Macet, Tol Cisumdawu Dibuka Penuh!
Lebaran Nanti Sumedang Tidak Akan Macet, Tol Cisumdawu Dibuka Penuh! (KEGGA KEGGYAN/SUMEKS)
0 Komentar

sumedangekspres – Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) ditargetkan akan dibuka dan beroperasi secara penuh pada hari Lebaran pada 22 April 2023 yang akan datang.

Hal tersebut disebutkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang menargetkan beberapa ruas tol akan beroperasi untuk mendukung laju transportasi mudik Lebaran 2023.

Terhitung ada 16 jalan tol yang akan beroperasi pada Lebaran 2023 nanti, salah satunya adalah Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) akan dibuka dan beroperasi secara penuh.

Baca Juga:Analis Proyeksikan Kinerja Positif BRI Terus Berlanjut, Targetkan BBRI Tembus Rp6.100Twitter Blue Mulai Merambah Pasar Indonesia Dengan Sistem Aplikasi Berbayar

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian PUPR Hedi Rahadian mengatakan pengoperasian penuh jalan tol tersebut untuk konektivitas pendukung Lebaran dari Bandung menuju ke Kertajati atau sebaliknya.

Kabar gembira tersebut diungkapkan oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian PUPR Hedi Rahadian melalui keterangan tertulis pada Sabtu (18/02/2023)

Ruas tol Cisumdawu yang bisa dilewati saat Lebaran tahun 2023 antara lain Tol Cisumdawu Seksi 6A dan 6B (Ujung Jaya – Dawuan) sepanjang 5,10 km, Seksi 4A dan 4B (Cimalaka – Legok) sepanjang 8,20 km, dan Seksi 5A dan 5B (Legok – Ujung Jaya) sepanjang 14,90 km.

Hedi Rahadian juga menyebutkan bahwa pihaknya akan memastikan kesiapan infrastruktur jalan dan jembatan yang didukung dengan telah bertambahnya ruas jalan tol baru. Pada tahun 2022 ruas tol beroperasi sepanjang 142,11 km dan akan ditambah ruas tol beroperasi pada awal tahun 2023 sepanjang 20,89 km.

“Jaringan jalan kita sekarang, kita rancang dari strategi jaringan backbone-nya jalan tol. Jadi kalau kita bangun jalan tol di mana-mana itu maksudnya untuk menekan travel time. Variabelnya transport cost, jadi kalau waktu perjalanan lebih panjang pasti biaya transportasinya akan tambah mahal,” katanya.

Rute Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu):

-Seksi 4A dan 4B (Cimalaka-Legok) 20 km
-Seksi 5A-5B (Legok-Ujung Jaya) 14,90 km
-Seksi 6A-6B (Ujung Jaya-Dawuan) 5,10 km

0 Komentar