Cara Menanam Padi Yang Baik dan Benar, Simak Penjelasan Lengkapnya Disini!

Cara Menanam Padi Yang Baik dan Benar
Cara Menanam Padi Yang Baik dan Benar (istimewa/shutterstock)
0 Komentar

sumedangekspres – Beras atau nasi merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia yang tidak bisa dipisahkan dikehidupan sehari hari. Berikut Cara Menanam Padi Yang Baik dan Benar, Simak Penjelasan Lengkapnya Disini!

Beras merupakan salah satu bahan makanan pokok yang dihasilkan dari tanaman padi yang tumbuh subur di persawahan Indonesia, penanaman padi tersebut bisa memakan waktu yang sangat lama oleh karena itu banyak tips and trick menanam padi yang baik dan benar.

Meskipun sudah banyak tutorial di media social dengan cara membuat video real life nya, tetapi masih banyak para pemula yang merasa kebingungan oleh langkah langkah yang diberikan sang petani profesional.

Baca Juga:Terbukti Membayar! Aplikasi Penghasil Pulsa 100K Gratis, Game Penghasil Uang TerbaruDANA Grtais 100 Ribu Dari Pemerintah Langsung Cair Tanpa KTP? Simak Langkah Langkahnya Disini!

Berikut tutorial menamam padi yang baik dan benar, padi tumbuh subur sampai panen.

1. Pilih Benih Padi yang Berkualitas

Pertama kita harus membeli dan menyiapkan benih padi yang berkualitas. Karena benih padi yang berkualitas ini menjadi hal yang penting jika kita ingin meningkatkan hasil budidaya padi.

Saat ini di pasaran terdapat banyak varietas benih padi yang dapat kamu cocokkan dengan kondisi lahan serta permintaan pasar. Ada beberapa ciri dari beras varietas unggulan sebagai berikut :

  • Tahan terhadap serangan hama dan penyakit
  • Toleran terhadap kondisi lingkungan
  • Dapat mengasilkan panen yang berlimpah
  • Saat direndam dengan larutan ZA 20 gr, benih tenggelam alias tidak mengapung.

2. Proses Penyemaian Benih Padi

Selanjutnya kamu perlu melakukan penyemaian terhadap benih padi. Benih padi yang sudah siap dapat segera kita semai, untuk langkah langkahnya sendiri bisa dilakukan sebagai berikut :

  • Buatlah bedengan dengan ukuran lebar 1 – 2 m. Luas persemaian untuk lahan 1 hektar adalah sekitar 400 m atau 4% dari luas lahan.
  • Tambahkan 2 kg bahan organik semisal kompos, pupuk kandang, sekam, atau abu. Jika Anda berminat untuk mengolah kompos dari bahan sisa pertanian, silahkan pelajaricara membuat pupuk kompos dari jerami padi.
  • Benih yang hendak disemai haruslah direndam dahulu sekitar 2 x 24 jam
  • Persemaian dilakukan selama 25 hari sebelum masa tanam, usahakan tempat menyemai benih padi berdekatan dengan lokasi tanam agar pemindahan benih tersebut dilakukan dengan cepat dan benih tetap segar.
  • Benih yang disemai tidak harus terbenam seluruhnya, karena justeru akan menyebabkan kecambah terinfeksi patogen dan akhirnya membusuk.
0 Komentar