Pengertian Gempa Bumi, Kenali Tanda Tanda Dini Dari Bencana Alam Gempa Bumi

Pengertian Gempa Bumi, Kenali Tanda Tanda Dini Dari Bencana Alam Gempa Bumi
Pengertian Gempa Bumi, Kenali Tanda Tanda Dini Dari Bencana Alam Gempa Bumi (Istimewa/shutterstock)
0 Komentar

sumedangekspres – Gempa bumi merupakan salah satu bencana alam yang tidak dapat diprediksi oleh manusia, karena datangnya tiba tiba atau secara mendadak. Berikut Pengertian Gempa Bumi, Kenali Tanda Tanda Dini Dari Bencana Alam Gempa Bumi.

Meskipun bencana alam jenis ini akan terasa secara bertahap tetapi tetap saja kita harus mengetahui apa tanda tanda dari masing masing bencana alam yang sering terjadi ditanah air kita.

Berikut pengertian dari gempa bumi, gempa bumi adalah getaran atau getar getar yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam secara tiba tiba yang menciptakan gelombang seismik.

Baca Juga:Cara Menanam Padi Yang Baik dan Benar, Simak Penjelasan Lengkapnya Disini!Terbukti Membayar! Aplikasi Penghasil Pulsa 100K Gratis, Game Penghasil Uang Terbaru

Gempa Bumi juga biasa disebabkan oleh pergerakan kerak bumi atau bisa disebut juga sebagai lempeng Bumi. Frekuensi suatu wilayah, mengacu pada jenis dan ukuran gempa Bumi yang dialami selama periode waktu. Gempa Bumi diukur dengan menggunakan alat Seismometer.

Inilah tips yang harus kamu lakukan ketika terjadi gempa bumi ditempat tinggalmu.

1. Hindari Kepanikan dan Mencoba Tenang

Diposisi pertama kamu harus tetap tenang dan jangan terlalu panik atau panik berlebihan karena akan semakin membahayakan nyawamu, maka dari itu kamu harus tetap tenang dan cari jalan keluar tersekat kalau kamu sedang berada didalam bangunan.

2. Segera Keluar dari Bangunan

Selanjutnya jika kamu berada dalam bangunan dan situasi sangat ramai sekali, segeralah menggunakan pintu darurat yang ada disekitarmu. Karena biasanya kalau tempat tempat ramai memiliki pintu darurat.

3. Gunakan Tangga Darurat

Selanjutnya kamu harus menyelamatkan diri melalui tangga darurat jikalau kamu sedang berada dilantai atas, karena kalau menggunakan lift sangatlah berbahaya untuk keselamatan kamu.

0 Komentar