Situ Lembang Rancakalong, Wisata Tersembunyi di Sumedang

Situ Lembang Rancakalong, Wisata Tersembunyi di Sumedang
0 Komentar

sumedangekspres- Sumedang merupakan salah satu kabupaten yang berada di Jawa Barat. Kabupaten yang terkenal dengan makanan khas nya yaitu Tahu Sumedang ini ternyata memiliki banyak potensi wisata alam yang tersembunyi. Salah satunya Situ Lembang Rancakalong, Sumedang.

Situ Lembang merupakan sebuah situ atau danau yang terbentuk secara alami yang berada di wilayah Dusun Wangun Desa Rancakalong Kecamatan Rancakalong, Kabupaten Sumedang. Situ ini berada di sebelah selatan kaki Gunung Raja (Pasir Raja) dengan ketinggian elevasi pada 1150 meter di atas permukaan laut.

Situ Lembang memiliki sumber mata air sendiri dengan debit air yang cukup deras, dan mengalir langsung ke bagian hilir tersambung dengan Sungai Ciherang. Luasan situ ini sekitar setengah hektar dan dikelilingi oleh pepohonan pinus yang tumbuh tinggi. Situ ini letaknya tidak terlalu jauh dari jalan yang menghubungkan Desa Cijambu dengan Desa Rancakalong. Posisinya berada di sebelah kiri jalan jika sedang berada di jalur Cijambu – Rancakalong.

Baca Juga:Peresmian Mesjid Nuurul Aulia Dan Haul Ke Lima Hj. Lalih HalimahRekomendasi Makanan Sehat Ketika Berbuka Puasa

Situ Lembang ini biasa dipakai tempat untuk berlibur bagi sebagian orang. Pengunjung bisa bermain air atau botram di lingkungan situ yang rindang oleh pepohonan pinus. Dengan melihat adanya potensi Situ Lembang sebagai tempat wisata, warga sekitar mengharapkan uluran tangan pemerintah untuk menjadi Situ Lembang ini menjadi salah satu tujuan wisata.

Situ Lembang bisa dikunjungi menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat. Di lokasi situ ini, terdapat tempat parkir yang bisa digunakan seperti:

  1. parkir mobil dan motor untuk pengunjung
  2. mushola
  3. toilet
  4. bangunan saung bagi yang tidak membawa perbekalan di sini juga ada warung yang menjajakan beberapa jenis makanan seperti Ketan Bakar, Gorengan, Mie Rebus, Kopi, Bajigur, Bandrek, Rujak Coel, Lotek dan Karedok.

Untuk mengakses ke Situ Lembang, cukup jauh dari pusat kota Kecamatan Tanjungsari. Jika diukur menggunakan Google Maps, jarak Situ Lembang dengan pusat Kecamatan Tanjungsari atau Alun-alun Tanjungsari sekitar 12 km dengan posisinya berada di bagian utara. Kalau dari Kantor Desa Cijambu, jaraknya sekitar 2,5 km ke arah timur. Sementara jika diakses dari pusat Desa Rancakalong sekitar 4,3 km ke arah barat.

0 Komentar