Bebapa Hal yang Harus Disiapkan Pasca Melahirkan Normal

Bebapa Hal yang Harus Disiapkan Pasca Melahirkan Normal
0 Komentar

sumedangekspres- Bagi ibu hami, tentu melahirkan dnegan normal, ibu selamat dan bayi sehat sangat diharapkan. Oleh karena itu, bagi ibu hamil menyiapkan diri sebelum melahirkan adalah opoint utama.

simak yu Tips Mempersiapkan Diri untuk Melahirkan Normal berikut !

1. Pastikan kehamilan tidak bermasalah

Kondisi kesehatan Anda dan janin tentu harus menjadi pertimbangan utama, Pada kondisi tertentu, melahirkan normal mungkin sulit dilakukan dan Anda lebih disarankan untuk menjalani operasi, jika posisi bayi sungsang, bayi yang berukuran sangat besar, dan kehamilan kembar.

Oleh karena itu, pemeriksaan ke dokter kandungan selama masa kehamilan perlu dilakukan secara rutin agar memantau kesehatan Anda dan janin. Hal ini juga bertujuan untuk mengantisipasi kemungkinan adanya  komplikasi yang dapat menyulitkan persalinan normal.

Baca Juga:Timun, Sayuran Penuh ManfaatWisata Alam Dupang, Wisata Kekinian di Sumedang

2. Pelajari proses melahirkan normal

Tahapan persalinan normal dimulai dengan kontraksi otot rahim dan pembukaan leher rahim secara bertahap. Setelah pembukaan lengkap, Anda akan diminta untuk mengejan atau  mendorong bayi keluar melalui vagina. Meski kondisi Anda dan janin terpantau sehat selama masa kehamilan, beberapa hal tak treduga mungkin saja terjadi loh,  saat persalinan, misalnya persalinan macet, bayu terlilit tali pusar, dan plasenta yang menutupi jalan lahir plasenta.

Jika anda mengalami gangguan atau komplikasi tersebut selama proses melahirkan, dokter akan melakukan tindakan medis untuk membantu persalinan, mulai dari episitomi, penggunaan alat bantu vakum atau forceps, hingga operasi caesar.

3. Pilih fasilitas kesehatan yang memadai

Luangkan waktu untuk mencari fasilitas kesehatan yang memadai, yang cocok, baik rumah sakit atau klinik bersalin, serta dokter ataupun bidan yang akan membantu proses persalinan Anda.

Hal ini penting dilakukan untuk memastikan fasilitas kesehatan pilihan Anda mempunyai peralatan medis memadai yang bisa mendukung proses persalinan berjalan dnegan baik, terutama bila terjadi keadaan darurat atau komplikasi selama persalinan. Namun, jika memilih untuk melahirkan normal di rumah, pastikan kondisi Anda memungkinkan untuk menjalani persalinan. Anda juga tetap harus ditangani oleh dokter spesialis kandungan atau setidaknya bidan yang berpengalaman, dibidangnya. Selain itu, cobalah untuk mencari fasilitas kesehatan dari yang terdekat dengan rumah terlebih dahulu. Setelah itu pilihlah Rumah sakit atau klinik bersalin yang dekat akan memudahkan Anda jika sewaktu-waktu tiba saatnya untuk melahirkan.

0 Komentar