Timun, Sayuran Penuh Manfaat

Timun, Sayuran Penuh Manfaat
0 Komentar

sumedangekspres- Timun, merupakan salah satu jenis sayuran yang rata-rata berwarna hijau dan berbentuk lonjong cenderung panjang. Sayuran ini biasa digunakan sebagai pelengkap makanan, atau lalaban. Timun sangat mudah ditemui, maka tak heran sayuran ini sering dipakai atau dimasak oleh kebanyakan orang.

Di samping merupakan sayuran yang mudah ditemui, sayuran ini juga memiliki banyak manfaat atau kegunaan loh bagi tubuh yang mengkonsumsinya. Mau tau apa saja manfaat nya? Simak yu pemaparanya berikut ini

1. Timun baik untuk jantung

Mengutip situs medicalnewstoday.com, timun mengandung serat untuk mencegah kardiovaskular (sakit jantung). Menurut The American Heart Association (AHA), serat membantu mengelola kolesterol dan mencegah kardiovaskular. Kandungan magnesium dan potasium dalam timun, baik untuk kesehatan jantung. Pedoman diet menganjurkan orang dewasa mengkonsumsi 4.700 miligram (mg) potasium setiap hari dan 310-410 mg magnesium, tergantung pada jenis kelamin dan usia. Kandungan asupan natrium bisa meningkatkan asupan kalium untuk mencegah tekanan darah tinggi. Mengonsumsi timun bisa mencegah menumpuknya lemak dan zat lain di dinding arteri. Penumpukan lemak bisa menghambat aliran darah yang masuk kedalam jantung.

2. Mencegah Diabetes

Baca Juga:Wisata Alam Dupang, Wisata Kekinian di SumedangSejarah Tari Umbul Sumedang

Timun membantu menurunkan gula darah, sampai menghentikan glukosa darah yang naik terlalu tinggi. Menurut studi, kulit mentimun mengandung antioksidan. Konsumsi sayuran ini bisa mengatur pelepasan insulin, metabolisme glikogen hati ketika pemrosesan gula darah.

3. Anti-inflamasi Timun memiliki sifat anti-inflamasi.

Kandungan ini berfungsi mencegah peradangan dan menambah sistem kekebalan tubuh. Para ahli percaya kandungan anti-inflamasi ini mencegah penyakit jantung, diabetes, autoimun, depresi, sampai kanker.

0 Komentar