Cara Memperbaiki Kipas Angin Tidak Berputar

Cara Memperbaiki Kipas Angin
Cara Memperbaiki Kipas Angin
0 Komentar

sumedangekspres – Cara Memperbaiki Kipas Angin Seperti yang diketahui, Indonesia termasuk negara tropis yang memiliki tingkat paparan sinar matahari tinggi.

Itulah sebabnya kipas angin dan AC (Air Conditioner) adalah dua eletronik penting yang wajib dimiliki oleh setiap rumah.

Tetapi, meskipun sama-sama dapat menyejukkan udara, bila dibandingkan dengan AC, tentunya harga kipas angin jauh lebih terjangkau.

Baca Juga:Naskah Pidato Tentang Pendidikan Yang Memberikan Pengaruh BaikKinerja Impresif, Anggota DPR Apresiasi Kontribusi BRI ke Negara Semakin Besar

Pernah mengalami masalah pada kipas angin? Ada banyak yang menyebabkan kipas angin panas dan mungkin tidak berputar. Tetapi, ketika kamu memiliki masalah dengan kipas angin apakah langsung akan membuangnya? Masalah satu ini sendiri ternyata dapat kamu atasi dengan mudah.

Cara memperbaiki kipas angin tidak berputar yang pertama adalah mencari tahu penyebabnya. Jangan terburu-buru memperbaikinya. Nanti kamu malah salah mengambil tindakan dan kerusakan semakin parah.

Kipas angin yang rusak biasanya ditandai dengan munculnya suara dengung setelah berhenti berputar. Penyebabnya ada tiga hal, di antaranya:

Pertama, bagian bearing atau bushing sudah aus. Sehingga bagian ini harus diganti dengan yang baru. Cek kedua bagian baik yang belakang maupun yang depan. Apabila dua-duanya sudah rusak, segera ganti.

Kedua, kapasitor melemah. Berkurangnya kemampuan ini dapat memengaruhi kecepatan baling-baling kipas. Akhirnya kipas tidak bisa berputar sama sekali.

Lakukan pengecekan kapasitor dengan cermat. Pastikan bagian ini bekerja dengan baik.

Ketigaas motor dengan stator (plate spul) sudah aus. Jadi, bagian ini tidak berada di tengah-tengah lagi.

Baca Juga:Rumah BUMN Tarutung Diresmikan, Kementerian BUMN dan BRI Perkuat UMKM LokalKawasan dan Masjid Raya Al Jabbar Ditutup Sementara Selama Dua Pekan Untuk penataan dan pemeliharaan jelang Bulan Suci Ramadhan

Kerusakan terjadi karena as motor bagian depan dan belakang penyok. Akibatnya, as motor menempel pada stator.

Setelah mengetahuai penyebab kipas angin tidak berputar, kamu bisa mengikuti beberapa langkah memperbaikinya. Lakukan dengan hati-hati agar tak melukai diri sendiri.

Pastikan juga kamu cukup paham bagian-bagian kipas angin agar rencana perbaikan tidak berujung kerusakan fatal.

Jika perlu, minta orang lain yang dipercaya untuk ikut membantu. Supaya memperbaiki kipas angin bisa lebih efisien dan efektif terselesaikan.

0 Komentar