Mengenal Budidaya dan Olahan Wasabi Jepang

Mengenal Budidaya dan Olahan Wasabi Jepang.
Mengenal Budidaya dan Olahan Wasabi Jepang. Sumber : ANTARA
0 Komentar

sumedangekspres – Wasabi dikenal sebagai pasta bercita rasa pedas. Pasta ini biasa dihidangkan pada sejumlah makanan khas Jepang seperti sushi, sashimi dan sajian lainnya.

Wasabi merupakan jenis umbi-umbian yang penyajiannya dapat dilakukan dengan cara memarut umbi wasabi. Kemudian disajikan dalam bentuk segar sebagai penyedap rasa bersama hidangan laut atau daging bakar.

Di Jepang, pasta wasabi dimanfaatkan tidak hanya sebagai penambah cita rasa. Warga Jepang juga memanfaatkannya untuk membunuh bakteri pada hidangan ikan mentah atau sashimi.

Baca Juga:Akun FF Sultan Gratis yang Tidak Terpakai 2023 Hari IniCara Hack Akun Domino Tanpa Verifikasi Termudah 2023

“Wasabi juga bisa membunuh bakteri pada ikan mentah yang mulai busuk,” kata Staf Seksi Pariwisata PT Dayo Wasabi Farm Kumai Natsuki, di Nagano, Jepang.

Selain untuk membunuh bakteri, wasabi juga bisa dimanfaatkan sebagai penyegar makanan seperti daging, dengan cara meletakkan parutan wasabi tersebut di atas daging panggang. Adapun khasiatnya untuk tubuh ialah membantu mencegah gejala penuaan.

PT Dayo Wasabi Farm adalah tempat budi daya sekaligus produsen wasabi terbesar di Jepang. Tempat ini berlokasi di Kota Azumino, Prefektur Nagano, Jepang. Tempat seluas 11 hektare itu terdiri dari area budi daya, produksi dan juga fasilitas pemasaran.

Tempat budi dayanya sendiri terdiri dari beberapa petak lahan tempat penanaman, dengan yang terbesar panjangnya bisa mencapai 1 kilometer. Pada setiap Mei, bunga wasabi bermekaran di tempat budidaya tersebut. Bunga-bunga itu akan melakukan penyerbukan secara alami hingga membuahkan benih.

Benih yang diperoleh dari penyerbukan bunga wasabi tersebut kemudian dipindahkan ke tempat penyemaian. Setelah tumbuh menjadi bibit, bibit-bibit wasabi akan dipindahkan lagi untuk proses pembesaran.

Setelah tumbuh menjadi bibit besar, bibit-bibit wasabi akan ditanam kembali di tempat budidaya hortikultura. Bibit wasabi yang diletakkan di tempat itu diairi dari mata air yang menyembur secara alami.

Oleh karena itu, harga wasabi cukup mahal karena tanaman tersebut tidak bisa ditanam di sembarang tempat. Budidaya wasabi membutuhkan sistem pengairan khusus di daerah yang memiliki sumber mata air menyembur alami.

0 Komentar